Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Pelindo Rombak Jajaran Direksi Subholding Petikemas Sesuai Kewenangan Pemegang Saham

Kompas.com - 01/03/2023, 19:22 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk memutuskan melakukan pergantian Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dari yang sebelumnya dijabat Edi Priyanto ke Ady Sutrisno.

Pergantian Direktur SDM tersebut tertuang dalam RUPS Nomor KP.03/24/2/1/RKTK/UTMA/PLND-23 dan SK.03/24/2/4/HKP/DRU/PSD-23 yang ditandatangani oleh Direktur Utama (Dirut) PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo dan Dirut PT Integrasi Logistik Cipta Solusi (ILCS) selaku kuasa pemegang saham SPTP.

Adapun keputusan tersebut resmi tertanggal 24 Februari 2023 dan berlaku efektif mulai tanggal 1 Maret 2023.

Baca juga: Pelindo Kaji TPK Sorong Jadi Pusat Aktivitas Peti Kemas Indonesia Timur

Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas Widyaswendra mengatakan, perubahan komposisi direksi perusahaan merupakan kewenangan penuh dari pemegang saham.

“Pergantian direksi ini merupakan hal yang biasa dilakukan oleh sebuah korporasi besar, terutama di dalam tubuh Pelindo grup,” ungkap Widyaswendra dalam keterangan persnya, Kompas.com, Rabu (1/3/2023).

Pascapenggabungan PT Pelindo I-IV pada 1 Oktober 2021 lalu, lanjut Widyaswendra, Pelindo telah menetapkan sejumlah rencana strategis untuk kemajuan perusahaan.

“Pergantian direksi ini dilakukan untuk mendukung pencapaian sejumlah rencana strategis yang telah ditetapkan oleh holding Pelindo,” ujar Widyaswendra.

Baca juga: Dongkrak Daya Saing, Pelindo Siapkan Pelayaran Direct Call Belawan-India

Untuk diketahui, sebelum ditunjuk sebagai Direktur SDM PT Pelindo Terminal Petikemas, Ady Sutrisno merupakan Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal yang juga merupakan bagian dari Pelindo Grup.

Penugasan itu diperoleh Ady setelah terjadinya penggabungan PT Pelindo I-IV yang terjadi pada 1 Oktober 2021 lalu.

Pria asal Makassar tersebut mengawali kariernya sebagai pegawai PT Pelindo IV (Persero) pada tahun 1998. Sejumlah jabatan penting di PT Pelindo IV (Persero) sebelum merger pernah diemban oleh Ady Sutrisno.

Beberapa jabatan tersebut, antara lain Kepala Biro Hukum (2014), General Manager (GM) Pantoloan (2016), GM Sorong (2017), GM Ambon (2019), GM Terminal Petikemas Makassar (2021), dan Direktur SDM PT Pelindo IV (Maret 2021-September 2021).

Baca juga: Erick Thohir Minta Pelindo Ciptakan Nilai Tambah Rp 5,8 Triliun Pasca Merger

Saat ini, Edi Priyanto mendapatkan penugasan baru dari pemegang saham sebagai Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal.

Sebagai informasi, PT Pelindo Multi Terminal merupakan subholding Pelindo yang menangani bisnis nonpeti kemas. Perusahaan tersebut berkantor pusat di Medan, Sumatera Utara (Sumut) dan mengelola sejumlah cabang pelabuhan di Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih atas segala bentuk kontribusi dan dedikasi yang telah diberikan oleh Bapak Edi Priyanto untuk kemajuan Pelindo dan selamat menjalankan tugas baru sebagai Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal,” tutur Widyaswendra.

Jajaran Direksi Pelindo

Dengan pergantian tersebut, maka komposisi Direksi PT Pelindo Terminal Petikemas terhitung mulai 1 Maret 2023 adalah sebagai berikut.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com