Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adaro Minerals Cetak Laba Inti Rp 5,21 Triliun, Melesat 113 Persen

Kompas.com - 02/03/2023, 11:54 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten bidang usaha pertambangan dan perdagangan batu bara metalurgi, PT Adaro Minerals Indonesia Tbk, mencatatkan kinerja keuangan 2022 yang positif. Ini terefleksikan dari laba perusahaan yang melesat.

Melansir dokumen resmi perusahaan, emiten dengan kode saham ADMR itu mencetak laba inti sebesar 342 juta dollar AS atau setara sekitar Rp 5,21 triliun (asumsi kurs Rp 15.250 per dollar AS). Realisasi ini melesat 113 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 161 juta dollar AS.

Lonjakan laba inti itu merupakan hasil dari kenaikan signifikan volume penjualan perusahaan. Sepanjang tahun lalu, ADMR mencatatkan penjualan sebesar 3,37 juta ton, meningkat 39 persen secara tahunan.

Pada saat bersamaan, harga rata-rata penjualan atau average selling price (ASP) perusahaan turut terkerek dengan tingginya permintaan batu bara. ADMR mencatatkan kenaikan ASP sebesar 42 persen secara tahunan pada 2022.

Baca juga: Garap Smelter Aluminium, Anak Perusahaan Adaro Minerals Kedatangan Investor Baru

Dengan kenaikan-kenaikan tersebut, ADMR membukukan pendapatan usaha bersih sebesar 908,14 juta dollar AS. Realisasi ini meningkat hampir dua kali lipat dari 460,17 juta dollar AS pada tahun sebelumnya.

"Kinerja 2022 yang memuaskan tercapai berkat kondisi pasar yang kondusif, yang terlihat pada kuatnya harga pada tahun ini," kata Presiden Direktur dan CEO ADMR, Christian Ariano Rachmat, dalam keterangannya, Kamis (2/3/2023).

Baca juga: Adaro Minerals Bakal Pasok Aluminium untuk Hyundai


Sementara itu, beban pokok pendapatan perusahaa meningkat 70 persen secara tahunan. Tercatat pada tahun lalu ADMR membukukan beban pokok pendapatan sebesar 373,23 juta dollar AS.

Dengan realisasi tersebut, ADMR mencatat EBITDA operasional sebesar 490 juta dollar AS. Realisasi ini naik 98 persen dari tahun sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com