Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agus Martowardojo Resmi Jadi Komisaris GoTo

Kompas.com - 02/03/2023, 20:20 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) resmi melakukan penambahan terhadap jajaran dewan komisaris dan direksi perseroan. Lewat aksi ini, sejumlah nama besar masuk ke dalam daftar dewan komisaris GoTo.

Salah satu nama yang menonjol ialah Agus D. W. Martowardojo. Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) itu ditunjuk GoTo menjadi anggota komisaris perseroan.

Pria kelahiran Amsterdam, Belanda itu menjabat sebagai Gubernur BI pada periode 2013-2018. Jabatan itu diemban Agus setelah sempat menjadi Menteri Keuangan pada periode 2010-2013.

Baca juga: GOTO dan MDKA Masuk Indeks FTSE, Bagaimana Prospeknya?

Selain Agus, GoTo juga menunjuk 3 orang komisaris baru yang sudah tidak asing lagi dengan industri keuangan dan teknologi. Ketiga komisaris itu ialah, Anggota Direksi Logitech Marjorie Lao sebagai komisaris independen, Co-founder Northstar Group Patrick Walujo sebagai komisaris, dan Founding Partner Provident Winator Kartono sebagai komisaris.

Penunjukan nama-nama besar itu merupakan salah satu upaya GoTo untuk menunjukkan komitmennya pada percepatan menuju profitabilitas. Kehadiran 4 orang komisaris baru perseroan diharapkan dapat memberikan pandangan yang lebih beragam.

"Pengalaman serta wawasan yang luas dan beragam dari para komisaris dan direksi akan berperan sangat penting seiring GoTo melaksanakan rencana bisnisnya, yang pada akhirnya akan menciptakan nilai jangka panjang bagi seluruh pihak di dalam ekosistem GoTo," tutur Direktur Utama GoTo, Andre Soelistyo, dalam keterangannya, Kamis (2/3/2023).

Baca juga: GoTo Optimistis Capai EBITDA Positif di Akhir 2023, Ini Strateginya


Selain menambah jumlah anggota komisaris, GoTo juga merombak jajaran direksi perseroan. Terdapat dua nama baru yang ditunjuk sebagai direktur GoTo yakni Pablo Malay sebagai direktur atau Chief Corporate Officer dan Nila Marita sebagai direktur atau Head of External Affairs. Pada saat bersamaan, Anthony Wijaya mengundurkan diri dari jabatan direksi, dan beralih menjadi Chief Operating Officer Tokopedia.

"Upaya kami untuk mendiversifikasi Dewan Komisaris dan Direksi merefleksikan fokus GoTo untuk mempercepat langkah menuju profitabilitas dan menjadi perusahaan yang mandiri secara finansial," ucap Andre.

Baca juga: RHB Sekuritas Terbitkan Waran Terstruktur GOTO dan TOWR, Simak Harga Penawarannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com