Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT Railink Tak Lagi Jadi Operator KA Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 03/03/2023, 19:50 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Railink (KAI Bandara) secara resmi tidak lagi menjadi operator KA Bandara Soekarno-Hatta. Seluruh pelayanan operasional KA tersebut diserahkan kepada PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) guna mengintegrasikan jaringan kereta Commuter Line Jabodetabek.

"Kami sangat mendukung keinginan pemerintah terkait integrasi antar moda transportasi demi peningkatan pelayanan dan demi kemudahan masyarakat dalam menggunakan transportasi di Jabodetabek," ujar Direktur Utama PT. Railink Porwanto Handry Nugroho dalam siaran pers, Jumat (3/3/2023).

"Karenanya kami harus siap membantu hal tersebut dengan menyerahkan operasional dan pelayanan Kami selama ini kepada KAI Commuter," sambungnya.

Baca juga: 8 Langkah Beli Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta di Aplikasi KA Bandara

Porwanto mengatakan, dalam masa transisi pengoperasian KA Bandara Soekarno-Hatta ke PT KCI, dilakukan rekonsiliasi dan serah terima secara bertahap sampai akhir Maret 2023.

Ia melanjutkan, setelah masa peralihan selesai, PT Railink akan lebih fokus sebagai operator KA Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) dan KA Bandara Kualanamu-Medan (KNO).

Porwanto mengatakan, akan terus meningkatkan eksistensi bisnis dengan menambah lini bisnis baru yang bergerak di bidang maintenance dan sparepart perkeretaapian.

"Harapan Kami, ke depannya selain di Yogyakarta dan di Medan, Kami akan tetap terus dipercaya sebagai Operator KA Bandara di kota-kota besar lainnya, tentunya guna senantiasa membuat masyarakat dapat merasakan kemudahan pergi dari dan ke Bandara dengan cepat dan nyaman," ujarnya.

Baca juga: Jadwal KA Bandara Soekarno-Hatta Februari 2023


Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, operator Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta berpindah dari PT Railink ke PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).

"KA Bandara ke PT KCI, yang Jakarta sudah diserahkan ke PT KCI untuk mengelola KA Bandara," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal saat ditemui di Kantor Kemenhub, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

"Railink enggak main lagi di Jakarta. Mungkin di Medan," sambungnya.

Saat ini, KA Bandara Soekarno-Hatta hingga masih melayani penumpang dari Stasiun Manggarai sampai Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Cara Beli Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta via Aplikasi KA Bandara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com