Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Gelar Pasar Murah di Makassar untuk Kendalikan Inflasi Pangan

Kompas.com - 05/03/2023, 16:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menggelar pasar murah di lapangan Balai Prajurit Jenderal M. Jusuf, Makassar dalam rangka Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

Dalam operasi pasar ini, disediakan berbagai bahan pokok pangan, seperti beras, minyak goreng, telur dan daging ayam, bawang merah, bawang putih, gula pasir, hingga cabai rawit.

Untuk beras Setra Ramos Premium kemasan 5 kilogram dibanderol Rp 56.000, beras medium Bulog kemasan 5 kg dijual Rp 45.000. Kemudian gula pasir seharga Rp 13.000 per kg, minyak goreng 17.000 per liter, sedangkan Minyakita kemasan 1 liter seharga Rp 13.000 dan Rp 26.000 kemasan 2 liter.

Baca juga: Impor dan Gelar Pasar Murah jadi Jurus Bapanas Kendalikan Inflasi Pangan Jelang Ramadhan

Pasar murah ini hanya dibuka pada Minggu (5/3/2023) mulai pukul 09.00 WITA. Masyarakat diperbolehkan membeli berbagai produk pangan yang disediakan namun diberikan limit tertentu untuk pembeliannya.

Seorang pengunjung Sri Hartati mengungkapkan merasa terbantu dengan adanya pasar murah ini karena bisa mendapatkan bahan pokok dengan harga yang lebih murah dari pasaran dan minimarket.

Pasalnya, biasa dia membeli beras di pasar atau minimarket seharga Rp 68.000 untuk kemasan kg, di sini dia bisa membeli dengan harga Rp 56.000 dan Rp 45.000.

"Terbantu karena biasa kalau gak ada pasar murah saya beli (di indomaret, pasar) mahal," ucapnya kepada Kompas di lokasi pasar murah, Makassar, Minggu (5/3/2023).

Baca juga: Pengamat Prediksi Harga Beras Turun pada April 2023

 


Namun dia menyayangkan tidak dapat membeli beras lebih dari satu kemasan di pasar murah ini. "Satu orang dijatah 1 beras, (operasi pasar) sebelumnya bebas," ungkapnya.

Tidak hanya membanderol harga murah, operasi pasar GNPIP ini juga memberikan diskon Rp 2.000 bagi masyarakat yang melakukan pembayaran menggunakan QRIS.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com