Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Prakerja Gelombang 49 Telah Dibuka, Simak Cara Beli Pelatihannya

Kompas.com - 07/03/2023, 17:40 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Program Kartu Prakerja Gelombang 49 telah dibuka sejak Senin (6/3/2023). Bagi yang telah memiliki akun sebelumnya, tidak perlu mendaftar lagi, tinggal mengklik "gabung gelombang" dalam situs resmi Kartu Prakerja.

"Seleksi Gelombang 49 sudah dibuka! Yuk buru-buru klik 'Gabung Gelombang' sekarang juga di dashboard Kartu Prakerja kamu!" kata manajemen pelaksana Kartu Prakerja dikutip dari Instagram Prakerja.

Sementara yang belum memiliki akun, bisa mendaftarkan di situs prakerja.go.id. Setelah itu, baru bisa mengklik "gabung gelombang".

Baca juga: Cara Pencairan Insentif Kartu Prakerja 2023

Perlu diingat, pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 49 hanya dapat dilakukan lewat situs resmi, bukan melalui aplikasi lain mengatasnamakan Prakerja.

"Belum bisa gabung karena belum daftar? Daftar sekarang via www.prakerja.go.id secara mandiri supaya #JadiBisa. Gampang dan enggak perlu bantuan siapapun untuk daftarnya Sob!" ujar manajemen Prakerja.

Perlu diketahui, tahun ini, Kartu Prakerja menerapkan skema normal. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah memberikan skema bantuan sosial (bansos).

Pelatihannya pun bisa dilakukan secara daring maupun tatap muka. Selain itu, masyarakat yang merupakan penerima bansos selain Kartu Prakerja dari pemerintah juga diperbolehkan ikut dalam program ini.

Baca juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 49 Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Bagi yang lolos seleksi Kartu Prakerja Gelombang 49 dan kemudian tertarik ingin mengikuti pelatihan secara tatap muka atau offline caranya mudah. Berikut caranya:

  1. Peserta harus memilih platform pelatihan yang ingin diikuti, contoh Tokopedia.
  2. Kemudian buka platform digital Tokopedia. Sementara, bagi yang belum punya platformnya bisa mengunduh terlebih dahulu.
  3. Lalu, pilih metode belajar di platform tersebut yang menawarkan dua cara yakni daring dan offline. Karena ingin mengikuti secara offline, pilihlah Kelas Offline.
  4. Perhatikan lokasi pelatihan di platform tersebut dan pilih lokasi sesuai kota peserta.
  5. Lalu pilih pelatihan sesuai minat peserta.
  6. Sebelum membeli pelatihan, perhatikan rentang usia yang bisa diikuti, mode pelatihan, dan syarat pendidikan. Ini untuk memastikan peserta bisa mengikuti pelatihan sampai kelas selesai.
  7. Detail lokasi pelatihan offline yang dipilih juga bisa dilihat untuk memastikan jarak, waktu, dan aksesibilitas dari lokasi peserta ke tempat pelatihan.
  8. Pilih jadwal kelasnya dan pastikan peserta bisa hadir.
  9. Jika sudah memilih, masukan nomor Kartu Prakerja di dashboard akun yang telah teregistrasi.

Baca juga: Program Kartu Prakerja Bisa Diikuti Peserta Usia hingga 64 Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com