Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir: Pegawai BUMN Harus Mampu Tingkatkan Jiwa Kerelawanan

Kompas.com - 07/03/2023, 18:32 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan BUMN tak hanya berperan sebagai penggerak perekonomian, melainkan juga dalam segi sosial.

Salah satunya yakni melalui program Relawan Bakti BUMN yang merupakan bentuk komitmen dalam memberikan kontribusi untuk masyarakat dan negara.

"Para pegawai BUMN harus mampu meningkatkan jiwa kerelawanan dalam memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat dan negara," ujar Erick dalam siaran pers, Selasa (7/3/2023).

Baca juga: Erick Thohir Laporkan Dugaan Kasus Korupsi Baru BUMN ke Kejagung

Erick mengatakan, program Relawan Bakti BUMN batch III melibatkan 21 BUMN dan anak usaha. Relawan Bakti BUMN batch III akan digelar serentak pada 7-10 Maret di sepuluh lokasi, yakni Batam, Palembang, Bangka Belitung, Jatiluhur, Borobudur, Banyuwangi, Timor Tengah Selatan, IKN Nusantara, Makassar dan Wakatobi.

"Alhamdulillah setelah sukses pada program Relawan Bakti BUMN I dan II pada Maret dan Agustus 2022, saat ini Batch III juga akan berjalan," ucap Ketua PSSI itu.

Erick menilai Program Relawan Bakti BUMN dapat memberikan pengalaman baru kepada para pegawai dalam mengetahui persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

Baca juga: Erick Thohir Tetapkan Zona Aman di TBBM Plumpang 50 Meter dari Pagar


"Saya berharap, partisipasi para relawan dapat menjadi bagian dalam peningkatan kompetensi pegawai, khususnya dalam hal kolaborasi dan kepedulian kepada sesama," kata Erick.

Deputi bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi, Kementerian BUMN, Tedi Bharata mengatakan, persiapan program telah dilaksanakan sejak Januari 2023 dengan pembukaan pendaftaran peserta Program Relawan Bakti BUMN.

Tedi menyampaikan, terdapat 105 Insan BUMN yang lolos dari total pendaftar 11.063 orang, serta terdapat tiga pegawai Kementerian BUMN yang telah mengikuti rangkaian seleksi di internal Kementerian BUMN.

Baca juga: Erick Thohir Bakal Relokasi TBBM Plumpang ke Lahan Pelindo

Tedi mengungkapkan, dalam hal pemilihan kegiatan di tiap wilayah, telah dilakukan social mapping dan analysis atas isu-isu yang menjadi perhatian di masyarakat tersebut. Program ini juga menjadi momentum yang tepat bagi para Insan BUMN untuk ikut andil memberikan edukasi ke masyakarat luas terkait nilai dari program melalui media sosial yang dimililki para Relawan.

“Di era serba digital ini media sosial memiliki peran penting. Kegiatan positif ini sangat perlu disebarluaskan, sebagai pemantik anak-anak muda untuk memiliki semangat berkontribusi membangun Negeri,” kata Tedi.

"Diharapkan rangkaian kegiatan Program Relawan Bakti BUMN Batch III dapat terlaksana dengan baik dan lancar sehingga tujuan dan nilai atas pelaksanaan program memiliki dampak yang maksimal untuk masyarakat dan relawan itu sendiri," tegasnya.

Baca juga: Erick Thohir Bertemu Jaksa Agung, Bahas Pengembalian Aset Jiwasraya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com