Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos XL Axiata: Pengunduran Diri Budi Pramantika Bukan karena Kinerja Keuangan Perusahaan Jeblok

Kompas.com - 08/03/2023, 15:10 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk memberikan klarifikasi terkait aritkel yang menyatakan, pengunduran direktur perseroan, Budi Pramantika, disebabkan oleh kinerja keuangan perusahaan yang menyusut pada tahun buku 2022.

Direktur Utama XL Axiata Dian Siswarini menegaskan, pengunduran diri Budi dari jajaran anggota direksi perseroan tidak berhubungan dengan kinerja keuangan tahun lalu.

"Kemarin kita lihat ada artikel yang mengatakan bahwa pak budi mengundurkan diri karena kinerja kita jeblok," kata dia, dalam Media Update, di Jakarta, Rabu (8/3/2023).

Baca juga: XL Axiata Bukukan Laba Rp 1,11 Triliun pada 2022, Susut 13,95 Persen

Menurutnya, kinerja keuangan emiten dengan kode saham EXCL itu masih positif, meskipun laba bersih perusahaan tergerus dibanding periode tahun sebelumnya.

Positifnya kinerja keuangan perusahaan telekomunikasi itu terefleksikan dari pendapatan yang meningkat 8,92 persen secara tahunan menjadi Rp 29,14 triliun pada pengujung 2022.

Adapun pengunduran diri Budi Pramantika, Dian memastikan, alasannya bersifat pribadi, dan tidak ada kaitannya dengan kinerja keuangan perusahaan.

Baca juga: XL Axiata Rampungkan Rights Issue Senilai Rp 5 Triliun, Dananya Dipakai Bayar Utang

"Pak Budi dengan berat hati meninggalkan kita karena alasan pribadi, jadi bukan karena gara-gara financial kita yang kurang baik," tuturnya.

Sebagai informasi, berdasarkan dokumen yang diunggah dalam laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), XL Axiata menerima surat pengunduran diri Budi Pramantika selaku direktur perseroan pada 6 Maret lalu.

"Perseroan akan mengajukan permohonan atas persetujuan pengunduran diri tersebut dalam Rapat Umum Pemegang Saham perseroan terdekat," tulis surat tersebut.

Baca juga: Profil Dedi Sunardi, Direktur Penunjang Bisnis Pertamina yang Dicopot Erick Thohir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com