Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM Binaan BUMN Mejeng di Sarinah

Kompas.com - 10/03/2023, 11:43 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Pesero) Tbk bersama PT Bukit Asam Tbk menggelar bazar UMKM pada 9-12 Maret 2023, di Sarinah Thamrin, Jakarta.

Para UMKM yang ikut dalam event bertajuk Indonesia edisi Maret 2023 itu merupakan mitra binaan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Bukit Asam serta pelaku usaha yang sudah on-boarding di marketplace PaDiUMKM.

Mereka mempunyai produk inovatif dari 4 sektor unggulan, terdiri dari makanan dan minuman dalam kemasan, fesyen, kriya, kebugaran & kecantikan.

Direktur Quality, Health, Safety and Environment (QHSE) Wika, Ayu Widya Kiswari menuturkan, Bazar UMKM BUMN untuk Indonesia ini juga sekaligus menunjukan komitmen Wika dalam pemberdayaan UMKM.

Baca juga: PP Kemudahan Berusaha di IKN Terbit, UMKM Diberikan PPh Final 0 Persen

"Wika punya komitmen yang kuat untuk memastikan usaha dari mitra binaan Wika secara konsisten mengalami pertumbuhan melalui program bimbingan dan perluasan jangkauan pasar. Produk-produk yang kami tampilkan di sini merupakan produk unggulan yang kami percaya akan menjadi daya tarik dan peluang besar secara komersil di pasarnya masing-masing," ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat (10/3/2023).

Adapun sektor makanan dan minuman menampilkan sebanyak 42 pelaku usaha mitra binaan Wika, Bukit Asam dan Rumah BUMN, yang semuanya memiliki tautan digital langsung ke www.padiumkm.id.

Sektor kriya hadir 31 pelaku usaha dalam bazar tersebut. Sementara itu sebanyak 30 pelaku usaha fesyen menampilkan koleksi ragam busana.

Tak ketinggalan sebanyak 3 pelaku usaha kategori produk kecantikan dan kesehatan menampilkan ragam pilihan suplemen makanan.

Dalam kesempatan itu, Direktur SDM PT Bukit Asam, Suherman mengucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN yang telah menyelenggarakan Kegiatan Bazar UMKM untuk Indonesia ini. Bulan ini (Marer), lanjut Suherman, juga berbarengan dengan hari HUT ke-42 PT Bukit Asam.

Dia mengatakan, ini komitmen PT Bukit Asam dalam melakukan pembinaan UMKM. UMKM yang hadir dalam kegiatan ini, berasal dari 4 Rumah BUMN yaitu Rumah BUMN Muara Enim. Rumah BUMN Banyuasin, Rumah BUMN Sawahlunto, dan Rumah BUMN Bandarjaya.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan Bazar UMKM yang diselenggarakan ini dapat membuat para UMKM Menjadi naik Kelas. Baik dari sisi penambahan omset maupun dari bertambah nya jumlah tenaga kerja. Sehingga produknya bisa dikenal di tingkat nasional maupun mancanegara," katanya.

Selama 4 hari pameran juga disemarakkan dengan rangkaian kegiatan hiburan musik hidup, gelar wicara (talk show), mini theater, mini workshop, games & kuis berhadiah, dan senam kebugaran bertepatan dengan Hari Bebas Kendaraan.

Dengan demikian para pengunjung mendapatkan keuntungan ganda. Selain dapat berbelanja produk eksklusif unggulan UMKM dengan harga khusus selama pameran.

Baca juga: Subsidi Motor Listrik Rp 7 Juta Hanya untuk UMKM, Ini Kriterianya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com