Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Erick Thohir Copot Direktur Pertamina: Enggak Pulang Saat Saya Minta

Kompas.com - 10/03/2023, 13:12 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan alasan pihaknya mencopot Dedi Sunardi sebagai Direktur Penunjang Bisnis Pertamina. Pencopotan Dedi ini, kerap dikaitkan dengan kasus kebakaran Depo Plumpang Pertamina, pada Jumat pekan lalu.

“Saya punya alasan, sudah dua tahun ini saya sudah minta diagendakan di strategikan kejadian kemarin (Kebakaran Depo Pertamina Plumpang). Ini kan tentu ada sebab dan akibatnya, kan kita menjadi direksi komisaris itu tidak hanya jabatan tapi harus tanggung jawabannya,” kata Erick di Tennis Indoor Senaya, GBK, Kamis malam (9/3/2023).

Erick mengatakan, perihal alasan pencopotan Dedi Sunardi sebagai Direktur Penunjang Bisnis Pertamina juga terkait dengan tanggung jawab.

Baca juga: Soal Isu Rangkap Jabatan Pejabat Kemenkeu di BUMN, Erick Thohir: UU Memperbolehkan

Meskipun alasan tersebut lebih tepatnya disampaikan oleh PT Pertamina (Persero), dia mengatakan, saat kejadian kebakaran Plumpang, dirinya meminta para Direksi Pertamina yang bertugas untuk segera datang, termasuk yang tengah bertugas di luar Jakarta.

“Saya meminta seluruh direksi Pertamina pulang. Ada yang pulang ada yang enggak pulang. Saya catet yang enggak pulang. Ketika rakyat ada yang meninggal, masa kita enggak hadir. Saya saja pulang dari Surabaya, padahal saya ada event besar. Ini menjadi tanggung jawab,” tegasnya.

Baca juga: Erick Thohir Bakal Rombak Depo Pertamina Plumpang Jadi Ekosistem Oli

 


Sebagai informasi, pencopotan Dedi Sunardi sebagai Direktur Penunjang Bisnis Pertamina berdasarkan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara selaku Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Perseroan (PERSERO) PT Pertamina nomor SK - 43/MBU/03/2023 tentang pemberhentian anggota direksi perusahaan perseroan (Persero) PT Pertamina.

Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh Vice president Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menyampaikan hal tersebut secara tertulis yang disampaikan pada Rabu (8/3/2023) lalu.

“Dedi Sunardi telah menyelesaikan tugasnya sebagai Direktur Penunjang Bisnis Pertamina yang telah Ia jabat sejak tanggal 3 Mei 2021 berdasarkan Keputusan Menteri BUMN nomor SK -142/MBU/05/2021,” kata Fadjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com