Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kepadatan di Merak, Kemenhub Alihkan Pemudik Sepeda Motor Ke Pelabuhan Ciwandan

Kompas.com - 13/03/2023, 20:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengoperasikan Pelabuhan Ciwandan, Banten untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023.

Pasalnya, berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub, potensi pergerakan nasional pada Lebaran 2023 sebesar 45,8 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 123,8 juta orang dimana 25,13 juta menggunakan sepeda motor.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno mengatakan, Pelabuhan Ciwandan akan digunakan sebagai pelabuhan penyeberangan untuk pemudik Lebaran 2023 yang menggunakan sepeda motor.

Dengan dioperasikannya pelabuhan itu maka diharapkan kemacetan di Pelabuhan Merak dapat diatasi. Selain dia juga menambah ruang penampungan kendaraan di Pelabuhan Merak agar dapat menampung kendaraan lebih banyak.

Baca juga: Anggarkan Rp 20 Miliar, Ditjen Hubdat Kemenhub Sediakan Kuota Mudik Gratis 2023 Sebanyak 24 Ribu

"Salah satu upaya untuk mengantisipasi itu, khusus penyeberangan kita akan menggunakann Pelabuhan Ciwandan. Ciwandan itu bukan pelabuhan alternatif tapi pelabuhan yang digunakan bersama-sama pada saat pelaksanaan arus mudik," ujarnya saat konfrensi pers di Gedung Kemenhub, Jakarta, Senin (13/3/2023).

Dia menjelaskan, pengoperasian Pelabuhan Ciwandan ini dilakukan agar sepeda motor tidak tercampur dengan kendaraan lain seperti bus dan truk saat akan menyeberang pulau.

Nantinya, pihaknya akan menyiapkan 12 kapal RORO untuk melayani penyeberangan dair Pelabuhan Ciwandan ke Pelabuhan Bakauheni.

Baca juga: Mudik Gratis 2023 Dibuka Pukul 14.00 WIB Siang Ini, Simak Rute, Syarat, dan Cara Daftarnya

Kemudian disiapkan juga 3 kapal besar yang akan melayani penyeberangan dari Pelabuhan Ciwandan ke Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, yaitu 1 kapal dari PT Pelni dan 2 kapal dari PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP).

"Khusus untuk sepeda motor, agar sepeda motor itu dapat terlayani dengan baik, maka sepeda motor nanti akan diarahkan melalui pelabuhan Ciwandan," kata dia.

Dia bilang, rencananya sepeda motor akan dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan pada H-4 hingga H-1 lebaran. Lalu pada arus balik akan dialihkan melalui Pelabuhan Panjang pada H+1 hingga H+7 lebaran.

Kendati demikian, kendaraan selain sepeda motor juga akan dapat menggunakan Pelabuhan Ciwandan untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni atau Pelabuhan Panjang dengan menggunakan kapal yang berbeda.

"Sepeda motor semua lewat Ciwandan dan truk-truk yang boleh beroperasi nanti juga diarahkan ke Ciwandan. Tapi yang lain juga bisa menggunakan Ciwandan untuk pergerakan ke Bakauheni maupun kalau mau langsung ke Panjang juga bisa," tuturnya.

Baca juga: Cara Beli Tiket Kereta Tambahan untuk Mudik Lebaran 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com