Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jargas Rumah Tangga Kawasan Bintaro Dibangun Bertahap

Kompas.com - 14/03/2023, 19:37 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan pipa jaringan gas di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan masuk tahap groundbreaking. Nantinya di kawasan ini akan dibangun pipa jargas sepanjang 352 kilometer.

Pembangunan jaringan gas (jargas) ini untuk rumah tangga, usaha kecil dan komersial di wilayah Bintaro.

Tahapannya, pertama-tama Pipa Induk sepanjang 36,3 Km menuju Regulating System (RS). Kemudian, dilanjutkan pembangunan, pipa distribusi bertekanan rendah (kurang dari 0,4 barg) yang dibangun dari RS untuk distribusi gas bumi ke pelanggan-pelanggan sepanjang 315,9 Km.

Direktur Infrastruktur dan Teknolologi PGN Achmad Muchtasyar mengatakan, perluasan jaringan gas di Tangerang Selatan ditargetkan menjangkau 35.749 Sambungan Rumah, 203 pelanggan kecil dan 38 komersial.

“Pipa backbone dan pipa distribusi diharapkan terbangun dalam durasi waktu yang telah ditentukan yaitu selesai pada Juni 2023. Kesiapan infrastruktur pipa diikuti dengan gas bumi yang akan disalurkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di berbagai sektor,” ujar Achmad Muchtasyar melalui keterangannya, Selasa (14/03/2023).

Baca juga: BPH Migas Monitoring Kesiapan Pembangunan Jargas Mandiri di Yogyakarta dan Sleman

Ia melanjutkan, pembangunan jaringan gas bumi di kawasan Bintaro mengutamakan keamanan, menjaga kebersihan, dan estetika pekerjaan karena konstruksinya membutuhkan galian tanah di sekitar fasilitas umum maupun lingkungan perumahan warga.

Oleh karena itu, PGN juga memberikan sosialisasi atau penjelasan mengenai teknis kontruksi jaringan pipa kepada warga.

“Kami menyediakan personil yang dedicated, bertanggung jawab atas pekerjaan, dan memiliki perizinan terhadap perangkat kerja. Bertanggung jawab dalam hal ini juga tidak terlepas untuk patuh terhadap peraturan yang ditetapkan oleh pengelola kawasan Bintaro serta undang-undang yang berlaku,” ujar Achmad.

Baca juga: Kejaksaan Agung Ikut Awasi Proyek Jargas Subholding Gas Pertamina

Selain itu, upaya pengembangan jaringan gas juga mendapat dukungan dari PT Jaya Real Property selaku pengelola kawasan Bintaro.

Terutama dukungan dalam hal penempatan fasilitas infrastruktur gas bumi pada fasilitas umum, fasilitator perizinan (RT, RW), pengamanan infrastruktur gas bumi dari pihak ketiga lainnya, tanggap darurat, dan kemudahan lainnya.

Sebagai informasi, pembangunan jargas rumah tangga ditargetkan mencapai 4 juta sambungan rumah (SR) pada tahun 2024. Untuk itu, Pemerintah mendorong kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) mulai tahun 2022.

Menurut hitungan Kementerian ESDM, kebutuhan gas untuk jargas relatif kecil di mana 0,1 mmscfd dapat digunakan untuk memenuhi 10.000 SR.

Oleh karena itu, Pemerintah terus mendorong pembangunannya agar jumlah masyarakat yang dapat menikmati manfaatnya semakin besar. Sementara pada 2024 mendatang, pembangunan jargas diproyeksi membutuhkan 30 juta tenaga kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com