Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar Foto 2 Pesawat Berlogo Lion Air di Rusia, Manajemen: Dulu Kami Sewa, Dikembalikan 2021

Kompas.com - 15/03/2023, 18:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial sebuah foto yang menampilkan dua pesawat berlogo Lion Air di Rusia. Foto itu diunggah oleh akun Twitter @HavaSosyalMedya pada Minggu (12/3/2023).

"Sementara embargo terhadap Rusia terhadap Rusia terus berlanjut, S7 Airline berhasil mendatangkan dua pesawat jenis B737-900 dari Lion Air Indonesia ke Rusia," tulis pengunggah yang diterjemahkan dari bahasa Turki.

Pengunggah melanjutkan pesawat jenis B737-900 akan dicat sesuai warna S7 Airline, salah satu maskapai Rusia.

Menanggapi hal tersebut, Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, dua pesawat tersebut tidak lagi dikuasai dan dioperasikan oleh Lion Air.

Baca juga: Usai Insiden Ponsel Terbakar, Lion Air Rute Kupang-Surabaya Berangkat Pakai Pesawat Berbeda

Ia mengatakan, dua pesawat Jenis B737-900 itu sudah dikembalikan ke pihak yang menyewakan atau memberikan pinjaman pesawat kepada maskapai penerbangan (lessor).

"Sebelumnya Lion Air menyewa dua pesawat dari lessor. Sewa tersebut kemudian berakhir dengan persetujuan kedua belah pihak pada 2021. Setelah itu pihak lessor mengambil kembali kedua pesawat dimaksud dan membawanya keluar (memindahkan) dari Indonesia," kata Danang dalam keterangan tertulis, Rabu (15/3/2023).

Danang mengatakan, pihaknya menghormati keputusan yang ada di dalam perjanjian bersama lessor.

Baca juga: Catat, Ini Berat Maksimal Bagasi Penumpang di Pesawat Lion Air, Batik Air, dan Wings Air


Lion Air, kata dia, akan selalu menjaga hubungan kerjasama yang baik dengan lessor dan pihak terkait untuk memastikan proses pengembalian pesawat dilakukan sesuai prosedur yang berlaku.

"Hingga saat ini, Lion Air tetap berpedoman pada standar operasional dan mempertahankan pola hubungan kerja sama yang baik kepada lessor, perbankan (banker), otoritas penerbangan Indonesia dan internasional, para stakeholders penerbangan serta para mitra," ujarnya.

Lebih lanjut, Danang mengucapkan terima kasih kepada lessor dan mitra terkait atas dukungan yang diberikan selama masa kontrak kedua pesawat.

"Lion Air berharap kerja sama dapat terus terjalin dengan baik di masa depan," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com