Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramadhan jadi Kesempatan UMKM Dongkrak Penjualan dengan Konten Media Sosial

Kompas.com - 15/03/2023, 19:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ramadhan merupakan periode yang penting bagi UMKM untuk menangkap peluang penjualan. Salah satu cara yang dapat dimaksimalkan adalah dengan strategi pemasaran digital dan pembuatan konten kreatif.

Head of Revenue Transportation & Logistic Gojek Steven Halim mengatakan, Komunitas Best Seller GoSend perlu memaksimalkan peluang bisnis dengan pelatihan Ruang Belajar GoSend selama momen Ramadhan ini.

"Riset meta mengatakan, sebanyak 65 persen konsumen akan menghabiskan waktu menonton video selama bulan Ramadan dan Lebaran," ujar dia dalam konferensi pers peremsian Ruang Belajar GoSend, Rabu (15/3/2023).

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan untuk Ibu-ibu Pelaku UMKM

Untuk itu, penting untuk membekali para pelaku UMKM dengan kemampuan storytelling yang kuat. Hal tersebut akan membantu UMKM untuk menggaet atensi masyarakat kepada jenamanya.

Sementara itu, Presiden Unit Bisnis On Demand Service GoTo Catherine Hindra Sutjahyo menjelaskan, pihaknya akan membekali UMKM dengan program pelatihan perdana melalui Ruang Belajar GoSend.

Menyitir survei The trade Desk dan YouGov, ia bilang, sebanyak 88 persen masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja online pada Ramadan tahun ini untuk memenuhi kebutuhan ibadah mereka.

"Kegiatan Ruang Belajar GoSend diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan pemahaman anggota mengenai tren belanja online. Pelatihan ini akan dilakukan setiap kuartalnya," terang dia.

Baca juga: Ini Kunci Mudah Mendapatkan Kredit Usaha bagi UMKM

Sedangkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam kata sambutannya mengatakan, konten sosial media menjadi hal yang penting bagi pelaku UMKM.

Riset Kemenparekraf menemukan, konten sosial media yang interaktif dan atraktif akan menopang 65 persen dari peningkatan omzet sebuah usaha.

"Jadi ini menunjukkan strategi konten yang kreatif akan membuat produk dan jasa yang dijual meningkat 65 persen," terang dia.

"Oleh karena itu, saya yakin momen puasa dan Idul Fitri akan semakin meningkatkan potensi belanja," tandas dia.

Sebagai informasi, Ruang Belajar GoSend merupakan program peningkatan kapasitas yang perdana diselenggarakan untuk para penggiat UMKM yang tergabung di Komunitas Best Seller GoSend.

Dalam kesempatan ini, Content Creator Raditya Dika turut hadir sebagai pemateri Ruang Belajar GoSend.

Baca juga: Tips Promosi UMKM Melalui Penulisan Iklan yang Memikat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com