Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Direktur PMO: Pendapatan Peserta Kartu Prakerja Meningkat Rp 122.500 Per Bulan

Kompas.com - 15/03/2023, 20:09 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, dalam tiga tahun Kartu Prakerja telah menjangkau 16,4 juta penerima manfaat di seluruh Indonesia.

Mereka berasal dari 514 kabupaten dan kota di 34 provinsi di Indonesia dengan anggaran Rp 59 triliun selama tahun 2020-2022.

"Alhamdulillah, hasil evaluasi positif. Prakerja terbukti menaikkan ketahanan pangan, menopang daya beli, meningkatkan inklusi keuangan, meningkatkan kebekerjaan dan kewirausahaan," katanya dalam HUT ke-3 tahun Prakerja di Jakarta, Rabu (15/3/2023).

"Hasil evaluasi J-PAL SEA 2021 menyatakan bahwa rata-rata pendapatan per bulan penerima meningkat Rp 122.500, lebih tinggi 10 persen dari non-penerima," lanjut dia.

Baca juga: Cerita Dirut Pertamina soal Depo Plumpang, Dulu Dibeli Tahun 1971, Kini Dikepung Permukiman Warga

Lebih lanjut kata dia, pelaksanaan program Kartu Prakerja juga efisien, karena biaya operasi PMO hanya 0,59 persen dari total anggaran.

"Itupun Prakerja masih memberikan PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) ke Kementerian Keuangan sebesar Rp 237,8 miliar," sebut Denni.

Denni menyebutkan bahwa 96 persen peserta menyatakan puas dengan program pemerintahan yang berbasis pelatihan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM).

"96 persen itu puas dengan pelatihan Prakerja, 96 persen juga puas dengan penyaluran bantuan Prakerja. Ini berdasarkan kajian TNP2K dan Bank Dunia pada tahun 2022," ucapnya.

Dalam diskusi tiga tahun Prakerja ini, lanjut Denni, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan menularkan inspirasi akan transformasi pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi digital yang inklusif.

Selain itu, menyediakan wadah dialog dan berbagi pengalaman maupun pengetahuan dengan ahli dan profesional swasta mengenai prioritas dan hal-hal praktis yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

"Semoga acara ini mendorong aksi nyata untuk inovasi pelayanan publik yang lebih luas lagi," pungkasnya.

Baca juga: Prakerja Gelombang 49 Diumumkan, Ini Tanda Lolos Seleksinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com