Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons BNI soal Tutupnya Silicon Valley Bank

Kompas.com - 16/03/2023, 10:10 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI turut menanggapi kasus bangkrutnya bank asal Amerika Serikat (AS), Silicon Valley Bank.

Direktur Keuangan BNI Novita Widya Anggraini memastikan, perseroan tidak memiliki eksposur terhadap bank spesialis pembiayaan startup itu.

"Di dalam kondisi BNI sendiri bahwa kita melihat perseroan saat ini tidak memiliki exposure terhadap Silicon Valley Bank," kata dia, dalam konferensi pers RUPST, Rabu (15/3/2023).

"Tentunya dengan apa yang terjadi terhadap SVB ini kita perlu belajar," tambah dia.

Baca juga: Pantau Kasus Silicon Valley Bank, Sri Mulyani Jaga agar Masyarakat Tak Khawatir

Novita menegaskan BNI memiliki model bisnis yang kuat, utamanya didukung oleh permodalan yang sehat.

Kuatnya permodalan bank dengan kode saham BBNI itu terefleksikan dari rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) di atas 20 persen.

"Ini tentunya jauh di atas ketentuan minimum regulator, dan juga lebih tinggi dibandingkan bank-bank global lain," ujar Novita.

Selain itu, komposisi liabilitas perseroan juga terjaga dengan baik, dengan mayoritas pendanaan berasal dari dana pihak ketiga (DPK), sementara pendanaan wholesale kurang dari 10 persen total liabilitas perseroan.

Dari sisi aset, 80 persen porsi total aset BNI terdiri dari kredit, sementara sisanya ditempatkan di obligasi, yang mana 94 persen di antaranya merupakan obligasi pemerintah.

"Dan kalau kita lihat tenornya, merupakan tenor yang pendek, sehingga risiko relatif lebih rendah," kata dia.

Novita juga menilai, kondisi permodalan perbankan nasional lain relatif masih terjaga, sehingga dapat memitigasi risiko serta kemungkinan-kemungkinan yang terjadi.

"Kalau kita lihat perbankan di indonesia secara industri juga kita lihat kondisi modal bank-bank di Indonesia relatif jumlahnya di atas 20 persen," ucapnya.

Baca juga: Kronologi Bangkrutnya Silicon Valley Bank, Bank Terbesar Ke-16 di AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com