Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin Menaruh Harapan pada RUU Kesehatan

Kompas.com - 16/03/2023, 20:15 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berharap Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan dapat membangun sistem sektor kesehatan yang lebih baik sehingga Indonesia dapat mencapai ketahanan kesehatan.

Pasalnya, ketika pandemi Covid-19, ketahanan kesehatan Indonesia masih cukup rentan. Hal itu diungkapkan Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid dalam Forum Industri RUU Kesehatan secara virtual.

Dilihat dari akses dan fasilitas kesehatan, rasio dokter per 1.000 penduduk Indonesia pada tahun 2022 masih rendah yaitu 0,63. Angka itu di bawah negara-negara ASEAN seperti Singapura 2,2, Brunei Darussalam 1,6, dan Malaysia 1,54.

Baca juga: Soal Permenaker Pangkas Upah Pekerja, Kadin: Hindari Pengangguran dan PHK

"Untuk itu, Kadin tahun 2001-2026 menjadikan sektor kesehatan sebagai prioritas kami dengan mengusung pemulihan kesehatan dan pengembangan industri kesehatan nasional dengan meningkatkan investasi di riset dan pengembangan atau RND (research and development)," kata dia, Kamis (16/3/2023).

Lebih lanjut kata Arsjad, pada tahun lalu, kapasitas rumah sakit juga masih kurang. Hal tersebut dibuktikan dari rasio tempat tidur fasilitas kesehatan terhadap jumlah penduduk hanya 1,2 per 1.000 populasi.

Rasio tersebut masih rendah dibandingkan negara-negara lain seperti India 2,7 per 1.000 populasi, China 4,3 per 1.000 populasi, dan Jepang 13 per 1.000 populasi

Baca juga: Kejar Transaksi Rp 500 Triliun, LKPP Gandeng Kadin Dorong Pengusaha Masuk E-Katalog


Sampai saat ini, kata dia, Indonesia juga masih tergantung dengan impor vaksin.

"Pembangunan nasional tidak akan bisa kita capai tanpa sistem pertahanan kesehatan yang kuat," ucapnya.

Dengan hadirnya RUU Kesehatan, diharapkan juga dapat mengoptimalkan produksi vaksin, obat-obatan, dan alat kesehatan lokal agar obat-obatan dan biaya pengobatan bisa lebih terjangkau bagi masyarakat

"Tentunya Kadin siap mendukung upaya pemerintah dan DPR dalam mensosialisasikan usulan RUU Kesehatan dan mendorong sektor swasta dan industri agar dapat berperan maksimal dalam menghadirkan layanan kesehatan yang lebih baik untuk mewujudkan ketahanan kesehatan Indonesia," pungkasnya.

Baca juga: Gandeng Toko Krisna hingga Kadin, Pemerintah Perkuat Pemasaran UMKM Oleh-oleh

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com