Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lengkap, Pucuk Pimpinan Semua Bank BUMN Ditempati Alumni Bank Mandiri

Kompas.com - 17/03/2023, 10:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bankir-bankir dari PT Bank Mandiri (Persero) kini resmi menempati pucuk pimpinan 4 bank BUMN atau dikenal dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Hal ini terjadi setelah Nixon L. P. Napitupulu diangkat sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN.

Nixon sebelumnya sempat mengisi jabatan Plt Direktur Utama BTN yang ditinggal oleh Pahala Mansury (juga mantan bankir Bank Mandiri) pada pengujung 2020. Ia pun digadang akan menempati posisi direktur utama secara penuh pada RUPS 2021, tetapi Haru Koesmargyo dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang dipilih.

Dengan demikian, bank pelat merah yang tergabung dalam Himbara kini semuanya dinakhodai oleh alumni Bank Mandiri.

Baca juga: Profil Dirut BTN Nixon LP Napitupulu

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI saat ini dipimpin oleh Sunarso. Pria kelahiran tahun 1963 itu telah memimpin bank spesialis UMKM sejak 2019.

Sunarso merupakan bankir karier Bank Mandiri. Ia mengawali kariernya di Bank Dagang Negara, hingga akhirnya bank tersebut dilebur menjadi Bank Mandiri.

Berbagai posisi strategis di Bank Mandiri telah ditempati oleh Sunarso, mulai dari SVP group head plantation specialis, EVP group head corporate banking agro based, hingga direktur comercial & business banking. Setelah itu, Ia dipercaya menjadi wakil direktur utama BRI pada 2015-2017, lalu menjadi direktur utama Pegadaian pada 2017-2019, dan kembali lagi ke BRI pada 2019.

Kemudian, di posisi direktur utama Bank Mandiri terdapat nama Darmawan Junaidi. Darmawan mengawali kariernya di Bank Bumi Daya, yang kemudian juga dilebur menjadi Bank Mandiri.

Sama seperti Sunarso, berbagai posisi strategis di Bank Mandiri juga telah diduduki oleh Darmawan, mulai dari VP treasury, regional CEO Bali & Nusa Tenggara, hingga head of treasury group. Darmawan akhirnya dipercaya memimpin Bank Mandiri pada Oktober 2020.

Lalu, di pucuk kepemimpinan BNI terdapat nama Royke Tumilaar. Ia mengawali karier di Bank Dagang Negara, dan berlanjut ke Bank Mandiri.

Berbagai jabatan struktural yang ditempati oleh Royke di Bank Mandiri meliputi group head regional commercial sales I, managing director treasury, financial institutions & special asset management, bahkan sempat menempati posisi direktur utama perseroan menggantikan Kartika Wirjoatmodjo.

Terakhir, Nixon L. P. Napitupulu. Nixon juga banyak menghabiskan waktunya di Bank Mandiri, sebelum digeser ke BTN pada 2017.

Pada 2017, Nixon menduduki kursi direktur collection, asset management & legal BTN. Lalu, Ia sempat menjadi direktur finance, planing, & treasury BTN, hingga akhirnya dipercaya menjadi wakil direktur utama perseroan pada Maret 2021.

Baca juga: Royke Tumilaar Jadi Dirut BNI, Siapa Penggantinya di Bank Mandiri?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com