Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Gratis dengan Bus Ludes Kurang dari 24 Jam, Kemenhub Bakal Tambah Kuota?

Kompas.com - 17/03/2023, 16:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuota mudik gratis 2023 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ludes dalam waktu kurang dari 24 jam.

Padahal mudik gratis Kemenhub dengan bus ini memiliki kuota lebih dari 24.000 penumpang yang diberangkatkan menggunakan bus dan 900 unit sepeda motor menggunakan truk.

Pendaftaran mudik gratis Kemenhub ini dibuka mulai Senin, 13 Maret 2023 pukul 14.00 WIB dan rencananya akan ditutup pada 14 April 2023. Namun pada Selasa kemarin ternyata kuota mudik gratis Ditjen Perhubungan Darat sudah habis.

Baca juga: Mudik Gratis BUMN Jasa Raharja, Ini Jadwal dan Rute Keberangkatan via Kereta

"Kali ini Mindat harus memberi informasi dengan berat hati bahwa kuota Mudik Gratis telah habis hanya dalam waktu kurang dari 24 jam," tulis Ditjen Perhubungan Darat dalam Instagram resminya, Selasa (14/3/2023).

Sejumlah warganet mengaku kecewa dengan kabar ini lantaran tidak mendapatkan kuota mudik gratis 2023 dengan bus dari Kemenhub.

Sebagian dari mereka mengaku terkendala sistem website yang eror ketika melakukan pendaftaran. Tak sedikit warganet berharap Kemenhub mengadakan kuota tambahan mudik gratis 2023.

"Niat pgn ikutan mudik gratis,, karna sistem error ,pas udh bisa, tiket udh habis.. Adain lagi donk kloter ke 2 nya," tulis warganet.

"Adain kuota tambahan kaya tahun lalu min," tulis warganet lainnya.

Baca juga: Mudik Lebaran 2023, Penumpang Angkutan Udara Diprediksi Naik 45 Persen

Lantas, akankah Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub menambah kuota mudik gratis 2023 dengan bus?

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mengatakan, pihaknya masih belum dapat memastikan apakah akan menambah kuota mudik gratis ini ke depannya.

"Masih ada cadangan, tunggu perkembangan," ujarnya kepada Kompas.com, dikutip Jumat (17/3/2023).

Kendati demikian, Hendro mengakui habisnya kuota mudik gratis 2023 dalam waktu kurang dari 24 jam membuktikan antusiasme masyarakat sangat tinggi terhadap program pemerintah ini.

"Sudah habis dalam tempo singkat. Masyarakat sudah menanti mudik gratis. Semoga bisa mengurangi jumlah pemotor yang melakukan mudik," kata Hendro.

Terpisah, Juru bicara Kemenhub Adita Irawati mengungkapkan, pihaknya masih menunggu pendaftar mudik gratis melakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum memutuskan penambahan kuota mudik gratis.

"Sampai saat ini untuk sementara belum ada rencana penambahan kuota mudik gratis, menunggu verifikasi terlebih dahulu," ucap Adita kepada Kompas, Kamis (16/3/2023).

Sebagai informasi, para pemudik yang berhasil mendaftar mudik gratis 2023 menggunakan bus dari Kemenhub ini masih harus melakukan verifikasi di lokasi posko yang telah disediakan.

Adapun jadwal pelaksanaan verifikasi ini selama 13 Maret-14 April 2023 di GOR Bulungan, Terminal Kayuringin, Kantor Dishub Tangerang, Terminal Pondok Cabe, dan Terminal Margonda.

Baca juga: Kemenhub Pastikan Mudik Lebaran 2023 Tidak Ada Tuslah Tiket Bus, Ini Gantinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com