Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Perilaku Konsumen Jelang Ramadhan: Pilih Gratis Ongkir Ketimbang Promo Lainnya

Kompas.com - 18/03/2023, 18:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar masyarakat memilih berbelanja online guna memenuhi kebutuhan selama Ramadhan. Hal ini menjadi kesempatan bagi e-commerce untuk menjaring banyak konsumen dengan memberikan program yang menarik.

Director Snapcart Indonesia Astrid Wiliandry mengatakan, dalam dua tahun terakhir tren belanja online terus berkembang, mulai dari faktor yang dicari saat berbelanja online, pilihan promo yang dimanfaatkan hingga berbagai cara baru atau fitur yang muncul untuk melengkapi pengalaman berbelanja.

Melihat hal tersebut, terutama dengan kondisi yang berbeda, tentunya terdapat pengaruh terhadap perilaku belanja masyarakat dalam memenuhi kebutuhan Ramadan hingga persiapan lebaran nanti.

"Pada survei ini, terdapat 4 indikator utama yang dapat menggambarkan persebaran preferensi konsumen dalam memilih platform e-commerce untuk berbelanja online pada 3 bulan terakhir," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/3/2023).

Baca juga: Rhenald Kasali: Ritel Modern Perlu Adaptasi Perubahan Perilaku Konsumen

Promo gratis ongkir vs promo lainnya

Berdasarkan hasil riset Snapcart, konsumen mempertimbangkan 4 faktor ini untuk memilih platform e-commerce untuk berbelanja online selama bulan Ramadhan, yaitu gratis ongkos kirim atau ongkir (71 persen), menyediakan metode pembayaran cash on delivery atau COD (37 persen), program Ramadhan yang menarik (36 persen), dan keseruan livestream dengan penjual (16 persen).

Sejak hadir di tengah masyarakat, gratis ongkir kerap menjadi bagian dari strategi para pemain e-commerce untuk menarik minat masyarakat berbelanja online.

Sebab kemudahan yang ditawarkan jenis promo tersebut menarik minat masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang berasal dari daerah yang biasanya harus menanggung tarif ongkir yang cukup besar.

Baca juga: Cara Pengembalian Barang Rusak dengan Gratis Ongkir di Tokopedia dan Shopee

Survei ini mengungkap, dari beragam promo yang ditawarkan e-commerce selama Ramadhan, 85 persen responden memilih gratis ongkir sebagai promosi yang paling dicari untuk Ramadhan nanti.

Kemudian diikuti dengan voucher diskon atau potongan harga (75 persen), cashback (68 persen), Flash Sale (65 persen) dan Keseruan Hadiah (31 persen).

Dengan demikian, jelang Ramadhan tahun ini pun promo gratis ongkir masih mempengaruhi keputusan konsumen dalam pemilihan platform untuk berbelanja online.

Baca juga: Tren Belanja Online Masih Didominasi Anak Muda, tapi Generasi Tua Pun Kini Mulai Menggemarinya

Hampir setiap pemain menghadirkan penawaran ini. Namun berdasarkan hasil riset, Shopee menduduki posisi pertama sebagai e-commerce yang menawarkan promo gratis ongkir terbaik (62 persen), di atas Tokopedia (20 persen), TikTok Shop (9 persen), dan Lazada (6 persen).

"Penawaran menarik khususnya gratis ongkir sepertinya akan selalu menjadi salah satu kunci daya tarik utama pada setiap program, khususnya di bulan Ramadan. Keunggulan Shopee dalam indikator ini dapat memperkuat posisinya sebagai destinasi belanja online yang akan dimanfaatkan masyarakat saat Ramadan nanti," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com