Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Setor Tunai di ATM Mandiri dengan Mudah

Kompas.com - 21/03/2023, 17:42 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cara setor tunai di ATM Mandiri penting untuk diketahui nasabah yang ingin menabung tanpa antre di teller. Selain lebih praktis, cara setor tunai di ATM Mandiri juga cukup mudah untuk dilakukan. 

Anjungan Tunai Mandiri atau ATM adalah sebuah fasilitas yang diberikan oleh bank kepada nasabah sebagai alat transaksi terhadap rekening tabungan mereka.

Di mesin ATM, nasabah dapat melakukan berbagai transaksi seperti setor tunai, tarik tunai, transfer antar-rekening, serta transaksi rutin lainnya.

Baca juga: Cara Beli Tiket KRL Tanpa Kartu Elektronik dengan Mudah

Lalu, bagaimana cara setor tunai di ATM Mandiri? 

Cara setor tunai di ATM Mandiri dapat dilakukan dengan mudah. Namun, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan oleh nasabah yang ingin setor tunai di ATM Mandiri.

Misalnya, setor tunai hanya dapat dilakukan di mesin ATM dengan fitur Cash Deposite Machine (CDM) atau Cash Recycling Machine (CRM).

Mesin CDM merupakan mesin yang bisa digunakan untuk setor tunai. Sedangkan CRM merupakan pengembangan dari CDM, atau penggabungan antara ATM dan CDM. Mesin CRM ini bisa digunakan nasabah untuk setor tunai dan tarik tunai.

Baca juga: UU Cipta Kerja Diyakini Bawa Kepastian untuk Pengusaha

Transaksi setor tunai di ATM Mandiri tidak dikenakan biaya alias gratis. Setiap nasabah dapat melakukan setoran tunai ke rekening pribadi maupun rekening Mandiri lainnya. 

Adapun uang yang dapat di-setor tunai di ATM adalah uang dengan jenis denominasi atau pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000. Nantinya, setoran akan terkredit ke rekening tujuan secara real time,

Ketentuan lain yang harus diperhatikan saat akan setor tunai di ATM adalah, uang dalam keadaan baik, tidak rusak, tidak terlipat, atau lecek agar mesin ATM dapat memproses transaksi. 

Cara menabung di ATM Mandiri Setor Tunai terdekat dengan mudah dan praktis KOMPAS/RADITYA HELABUMI Cara menabung di ATM Mandiri Setor Tunai terdekat dengan mudah dan praktis

Cara setor tunai di ATM Mandiri

Dirangkum dari laman bankmandiri.co.id, berikut tata cara setor tunai di ATM Mandiri: 

  • Siapkan uang yang akan disetor melalui Mandiri ATM Setor Tarik dengan rapi, akan lebih baik jika dikelompokkan masing-masing denominasi/pecahannya.
  • Masukkan kartu ATM.
  • Pilih Indonesia atau Inggris yang ingin digunakan untuk transaksi.
  • Masukkan PIN Kartu ATM.
  • Layar akan menampilkan beberapa menu, pilih menu “SETORAN TUNAI”
  • Pilih menu “SETOR KE REKENING PRIBADI” atau “SETOR KE REKENING MANDIRI LAIN”
  • Apabila pilih “SETOR KE REKENING MANDIRI LAIN”, masukkan nomor rekening tujuan, lalu pilih “BENAR”
  • Pastikan uang yang akan disetor tersusun rapi, tidak terlipat, tidak robek, dan tidak terdapat klip, staples, karet ataupun benda logam lainnya.
  • Sesudah memastikan kondisi uang telah memenuhi syarat, lanjutkan proses untuk memasukkan uang.
  • Saat shutter (pintu tempat uang) ATM Setor Tarik terbuka, masukkan uang akan disetor tersebut.
  • Tunggu sampai muncul perintah pada layar berikutnya.
  • Jika ada konfirmasi untuk mengambil uang Anda, segera ambil uang Anda saat shutter terbuka.
  • Uang yang dikembalikan dimungkinkan uang rusak, palsu atau lusuh sehingga tidak lolos dari verifikasi uang tunai yang dilakukan oleh Mandiri ATM Setor Tarik.
  • Setelah itu layar akan menunjukkan verifikasi nominal uang yang Anda masukkan, pastikan jumlah yang tertera di layar sesuai dengan jumlah uang yang Anda masukkan.
  • Jika setuju pilih “SETOR”
  • Layar akan menunjukkan konfirmasi nama, nomor rekening dan jumlah setoran, jika sudah sesuai maka pilih “YA” maka uang akan langsung masuk ke rekening Anda atau rekening tujuan setor, dan akan keluar struk ATM sebagai bukti setoran ke tabungan.
  • Jika Anda ingin membatalkan transaksi, pilih tombol “TIDAK”, layar akan menampilkan instruksi untuk mengambil uang Anda dan kartu ATM akan langsung dikeluarkan.
  • Setelah transaksi Anda selesai, pada layar akan muncul konfirmasi seperti berikut:
  • Tekan “CANCEL” untuk ke menu utama atau tekan "KELUAR” untuk mengeluarkan kartu.

Baca juga: Kurangi Impor, Menko Airlangga Resmikan Pabrik Bahan Baku Susu di Cikarang

Apabila terjadi masalah pada transaksi yang dilakukan, lapor segera ke Mandiri Call 14000, dengan menyampaikan data terkait. Untuk informasi lokasi Mandiri ATM Setor Tarik, nasabah dapat mengeceknya situs web resmi Bank Mandiri di www.bankmandiri.co.id

Demikian informasi seputar cara setor tunai di ATM Mandiri dengan mudah dan praktis. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com