Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Bertemu Menteri-menteri Ekonomi ASEAN, Zulkifli Hasan Kenalkan Diplomasi Harmoni Candi Borobudur

Kompas.com - 22/03/2023, 21:15 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengajak jajaran ASEAN Economic Ministers (AEM) untuk bersantap malam di Margo Utomo di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (21/3/2023).

Pada forum ini, kemegahan Candi Borobudur menjadi simbol diplomasi Indonesia. Candi ini dipilih karena merepresentasikan simbol toleransi, kerukunan umat beragama, dan warisan budaya Indonesia.

“Candi Borobudur yang merupakan kuil Buddha terbesar di dunia dan tercatat sebagai warisan dunia UNESCO yang merupakan simbol toleransi dan kerukunan umat beragama di Indonesia," tutur Zulkifli saat memberi sambutan pada AEM Retreat 2023 melalui keterangan persnya, Rabu (22/3/2023).

Relief Candi Borobudur, sebut dia, menunjukkan keharmonisan hidup umat beragama yang mengedepankan sikap saling menghormati.

Baca juga: Mendag Zulkifli Hasan Resmikan 5 Pasar di Mojokerto, Salah Satunya Pasar Rakyat Ketidur

Pada kesempatan tersebut, Zulkifli turut mengapresiasi kehadiran para Menteri Ekonomi ASEAN di Magelang. Ia mengharapkan dukungan mereka akan Keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023.

"Keketuaan Indonesia akan mengangkat tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth. Saya mengajak semua Menteri Ekonomi ASEAN untuk mengedepankan semangat kolaborasi untuk menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi global dengan semangat sentralitas ASEAN," tuturnya.

Ia juga berharap pertemuan AEM Retreat bisa berkontribusi positif terhadap pembangunan kawasan.

“Pertemuan di Magelang menunjukkan komitmen kita bersama untuk mewujudkan visi membangun ASEAN yang tangguh, adaptif, inklusif, berperan sentral, serta memberikan manfaat bagi masyarakat di kawasan dan di dunia," papar Zulkifli.

Baca juga: Soal Bisnis Baju Bekas, Zulkifli Hasan: Masyarakat Dirugikan, Bisa Bawa Penyakit

"Saya harap kita dapat menghasilkan kesepakatan nyata untuk memastikan bahwa kita semua, sebagai satu entitas ASEAN, dapat berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan bekerja sama di berbagai sektor,” lanjutnya.

Zulkifli Hasan menerangkan, magelang dipilih sebagai lokasi pertemuan AEM Retreat, karena selain memiliki Candi Borobudur, juga memiliki Perbukitan Menoreh yang sangat indah.

“Magelang memiliki udara yang sejuk dan menyenangkan yang dikelilingi beberapa gunung, cagar budaya, dan hutan jati yang rimbun,” urainya.

Sebagai informasi, acara AEM Retreat turut dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN Kao Kim Hourn dan para Menteri Ekonomi ASEAN yang kemudian menghadiri pertemuan bersama, Rabu.

Baca juga: Zulkifli Hasan Sebut Bisnis Baju Bekas di Pasar Senen Harus Ditindak

Mendag Zulkifli Hasan didampingi oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dan Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Djatmiko Bris Witjaksono.

Para menteri yang hadir, antara lain Menteri Perdagangan Kamboja Pan Sorasak, Menteri Industri dan Perdagangan Laos Malaithong Kommasith, dan Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia Tengku Zafrul Bin Tengku Abdul Aziz.

Kemudian, Menteri Perdagangan dan Industri Filipina Alfredo Espinosa Pascual, Deputi Menteri Permanen Thailand Wanchai Varavitha, Deputi Menteri Industri dan Perdagangan Vietnam Tran Quoc Khanh.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com