Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Hemat Selama Ramadhan, Simak Tips Berikut Ini

Kompas.com - 27/03/2023, 14:11 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengeluaran selama bulan Ramadhan kerap membengkak karena berbagai hal. Mulai dari belanja yang lebih banyak dibandingkan bulan lainnya hingga adanya pengeluaran mudik Lebaran.

Perencana Keuangan Andy Nugroho mengatakan salah satu yang menyebabkan seseorang cenderung boros selama Ramadhan adalah karena adanya kecenderungan membeli banyak makanan untuk berbuka puasa.

"Padahal puasa dan tidak puasa menu makanan atau menu berbuka harusnya bisa sama. Namun, hal ini wajar karena efek lapar mata, setelah seharian menahan lapar dan haus tentunya setiap makanan yang terlihat akan keliatan lezat dan ingin dimakan," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/3/2023).

Baca juga: Indef: Pakai Kendaraan Listrik Berpotensi Hemat Pengeluaran Rumah Tangga

Meski begitu, ada berbagai cara untuk mencegah pembengkakan pengeluaran selama Ramadhan. Salah satunya yakni dengan membuat makanan sendiri.

"Dengan membuat sendiri terkadang kita bisa lebih puas dan tentu hemat juga karena kita bisa pilih bahan-bahannya apa saja. Pun dengan cendol, kolak, dan sejenisnya juga bisa kita bikin sendiri. Apalagi misal anggota keluarga kita cukup banyak, bila jajan terus tentu akan keluar uang cukup banyak tiap harinya," jelas Andy.

Selain itu, membuat makanan di rumah juga bisa disesuaikan porsinya. Jika masak dengan porsi lebih banyak, makanan untuk berbuka puasa bisa sekaligus menjadi menu untuk sahur.

Baca juga: Cara Efektif Atur Keuangan saat Ramadhan


Hal serupa juga bisa diterapkan jelang Lebaran yakni dengan membuat kue Lebaran di rumah. Menurut Andy, selain bisa menghemat pengeluaran, membuat kue Lebaran di rumah bisa membuat suasana Ramadhan bersama keluarga semakin hangat.

"Kadang kan salah satu momen yang kita tunggu ketika Ramadhan ya memasak kue sendiri. Memang membuat kue Lebaran perlu keahlian dan peralatan khusus. Namun camilan Lebaran seperti kacang goreng tentu sangat mudah dibuat, dan itu bisa mengurangi bujet kita," ungkap Andy.

Baca juga: Tips Bijak Pilih Diskon dan Promo Selama Ramadhan 2023 agar Keuangan Tak Boncos

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com