Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stasiun MRT Bundaran HI Kini Telah Tembus ke Stasiun Monas

Kompas.com - 28/03/2023, 18:40 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Stasiun Bundaran HI, Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas MRT Jakarta telah terhubung, seiring telah terkoneksinya terowongan atau Tunnel Boring Machine 1 (TBM 1) menembus (breakthrough) dinding shaft utara Stasiun Bundaran HI pada 20 Maret 2023.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo menjelaskan, hingga saat ini, TBM 1 telah menyelesaikan pembangunan terowongan northbound sepanjang 563 meter.

"Mulai dari sisi selatan Stasiun Thamrin hingga utara Stasiun Bundaran HI, dan terowongan southbound (563 meter), mulai dari sisi utara Stasiun Bundaran HI hingga selatan Stasiun Thamrin dengan total panjang terowongan sekitar 1.126 meter. Selanjutnya, mesin TBM 1 akan dibongkar lalu dipindahkan ke sisi utara Stasiun Monas untuk melanjutkan pembangunan terowongan southbound dari Stasiun Monas hingga ke Stasiun Harmoni dengan perkiraan panjang terowongan sekitar 1.029 meter," paparnya dalam siaran resminya, Selasa (28/3/2023).

Baca juga: Nilai Investasi Proyek TOD MRT Jakarta Capai Rp 1,5 Triliun di 2022

Sementara itu, mesin bor TBM 2 telah menghubungkan Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas pada 15 Desember 2022. Sejak 20 Februari 2023 hingga saat ini, TBM 2 sedang membangun terowongan menuju utara dari Stasiun Monas menuju Stasiun Harmoni dengan panjang sekitar satu kilometer.

Dengan demikian, dua mesin bor TBM-1 dan TBM-2 yang digunakan dalam konstruksi CP201 MRT Jakarta, telah berhasil membangun dua terowongan yakni menuju selatan dan utara yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI, Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas.

Perlu diketahui bahwa, terowongan southbound merupakan jalur MRT Jakarta arah Lebak Bulus. Sedangkan terowongan northbound adalah jalur MRT Jakarta arah Kota.

Baca juga: MRT Jakarta Kembali Sediakan Gerbong Khusus Wanita Mulai 27 Maret 2023

"Selain itu, kami juga berharap para pengguna jalan dan angkutan umum agar memerhatikan rambu-rambu serta mengikuti petunjuk petugas konstruksi di lapangan," kata Ahmad.

Sebagai informasi, fase 2A MRT Jakarta nantinya akan menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Jakarta Kota sepanjang sekitar 5,8 kilometer. Terdiri atas tujuh stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota.

Fase 2A tersebut dibagi menjadi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI—Harmoni yang ditargetkan selesai pada 2027, dan segmen dua Harmoni-Kota yang ditargetkan selesai pada 2029.

Baca juga: MRT Jakarta Jalur Cikarang dan Balaraja Capai Kesepakatan Pendanaan Pada 2024

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com