Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grup Modalku Dorong Bisnis UMKM dengan Penerapan ESG

Kompas.com - 28/03/2023, 19:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform pendanaan digital UMKM, Grup Modalku mendorong penerapan prinsip berkelanjutan dan ESG (Environmental, Social & Governance) di Indonesia.

Grup Modalku mulai menerapkan ESG ke dalam operasional bisnis melalui departemen Impact & Sustainability yang berdiri sejak Januari 2022.

Co-Founder & CEO Modalku Reynold Wijaya mengatakan, departemen ini ini mencakup lima negara Grup Modalku beroperasi, yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Integrasi prinsip ESG ke dalam aktivitas bisnis Grup Modalku dilakukan untuk meningkatkan praktik tata kelola perusahaan serta mendorong UMKM untuk mempertimbangkan praktik-praktik dan inisiatif keberlanjutan.

Baca juga: Apa Itu ESG: Pengertian, Kriteria, dan Pentingnya dalam Dunia Bisnis

Kesadaran terkait praktik berkelanjutan dan turut menerapkannya akan meningkatkan kualitas dan pengalaman UMKM dalam menjalankan bisnisnya.

Di sisi lain, dengan menerapkan kerangka kerja ESG di dalam praktik bisnisnya, UMKM akan membuka kesempatan mendapatkan sumber pendanaan yang lebih luas bagi perkembangan bisnisnya.

"Kami juga berharap dapat berkontribusi dalam mendukung rencana dan inisiatif pemerintah Indonesia dalam mempromosikan pembangunan berkelanjutan. Upaya mitigasi potensi risiko, di luar risiko finansial, seperti risiko terkait lingkungan atau sosial, sudah mulai dilakukan. Kami juga terbuka terhadap peluang dan inovasi baru dalam sektor keberlanjutan, seperti dalam ekonomi hijau," ujar dia dalam keterangan resmi, Selasa (28/3/2023).

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Penerapan ESG di Proyek Pemerintah Bisa Hemat APBN

 


Sementara itu, Sustainability and ESG Lead Grup Modalku Annette Aprilana, mengatakan, menciptakan ekosistem yang mampu mendukung UMKM dalam mencapai praktik berkelanjutan sangatlah krusial.

Kolaborasi seluruh pemangku kepentingan diperlukan untuk mendorong agenda berkelanjutan ini bagi UMKM, mulai dari sisi pendanaan, meningkatkan kemampuan SDM yang ada, hingga membangun jaringan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com