Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Ayu Prasetyo Raup Puluhan Juta Rupiah karena Gabung Shopee Affiliate

Kompas.com - 29/03/2023, 12:30 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbicara mengenai zona nyaman, sering mengacu pada situasi atau gaya hidup seseorang yang berada dalam ruang lingkup tenang dan minim tekanan.

Lalu, apakah keluar dari zona nyaman adalah hal yang wajib? Pergolakan inilah yang kerap dihadapi Ayu Prasetyo (26 tahun), yang memiliki mimpi besar untuk membawa keluarga kecilnya hidup lebih baik.

Berawal dari kecintaannya suka berbelanja di Shopee dan iseng berbagi konten produk di sosial media, tanpa sengaja membuatnya berkenalan dengan sosok teman yang merekomendasikan bergabung di Shopee Affiliate Program.

Baca juga: Soal Larangan Thrifting, Smesco Tawarkan Produk Lokal Jadi Alternatif Usaha

Ayu bercerita, sejak merantau mengikuti suaminya dari dari Yogyakarta ke Jakarta, ia mencoba beradaptasi dengan kehidupan barunya.

Apalagi ada desakan biaya kebutuhan tinggal di Ibu Kota yang cukup besar. Sementara mencari pekerjaan yang fleksibel tanpa meninggalkan anak di rumah cukup sulit.

"Jadi memang banyak faktor yang mendorongku biar tetap punya penghasilan sendiri. Itu awalnya aku memilih jadi Shopee Affiliate," ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Simak 5 Tips Bisnis Pelaku Usaha dengan Riset Pasar

Ayu mengakui awalnya sulit terjun ke dunia konten kreator. Apalagi ditambah kian banyaknya saingan influencer di media sosial. Meski begitu, hal itu tak serta merta membuatnya mundur dan tidak percaya diri.

Adanya dukungan teman sesama Shopee Affiliate memberinya semangat, tips, dan trik cara-cara mendapatkan komisi yang menguntungkan.

Ayu pun akhirnya bergabung lewat referral program, Shopee Affiliate Millionaire Leaders pada Oktober 2021. Ayu resmi mendaftar menjadi bagian dari Shopee Affiliate dan mulai fokus membuat konten menarik untuk followers-nya.

Baca juga: Asa Ibu-ibu Keluarga Prasejahtera Buka Usaha dengan Pembiayaan Syariah

“Ternyata begitu dijalani untuk menjadi bagian dari Shopee Affiliate Program ini sungguh menyenangkan. Dari yang tadinya cuma main hp sambil rebahan, sekarang aku bisa menghasilkan banyak cuan yang menguntungkan," katanya.

Ayu bercerita, awalnya gaji yang ia terima saat baru iseng mencoba Shopee Affiliate hanya belasan ribu rupiah. Namun kini ia bisa mendapatkan puluhan juta per bulan.

"Alhamdulillah juga selama kurang lebih satu tahun aku bisa punya 10 ekor sapi, hingga bisa beli mobil untuk keluarga kecil secara cash. Bersyukur banget, setiap bulan aku bukan hanya jadi lebih produktif membuat konten menarik, tapi juga bisa membantu suami rutin menabung untuk biaya pendidikan anak dan masa depan kami," ungkap Ayu.

Baca juga: 8 Cara agar Bisnis Kuliner Laris Manis Selama Ramadhan

Walaupun terhitung baru satu setengah tahun menjalankan rutinitas sebagai Shopee Affiliate, Ayu dapat dikatakan sukses menjalankan peran ini.

Dirinya kerap membagikan review produk-produk kebutuhan rumah, serta konten-konten seru mengenai parenting dan ide bermain anak mendapatkan respon yang baik.

Bahkan Ayu tak segan mendengarkan ide-ide menarik dari para followers yang kian bertambah setiap harinya, seperti review outfit anak, vitamin untuk keluarga, hingga rekomendasi kado ulang tahun/nikahan yang dikemas dengan konsep kreatif.

Baca juga: Snoop Dogg Buka Bisnis Kopi Gayo di AS

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com