BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Gojek

THR Belum Turun, Berikut Strategi Keuangan Selama Ramadhan

Kompas.com - 30/03/2023, 14:37 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ramadhan telah tiba. Sejumlah persiapan tentu sudah dilakukan untuk menyambut bulan suci ini, termasuk menyusun anggaran untuk berbagai kebutuhan, seperti alokasi bujet untuk acara buka bersama (bukber), biaya mudik, hamper, hingga tunjangan hari raya (THR) bagi sanak saudara.

Kebutuhan selama Ramadhan yang membludak tak jarang membuat sebagian orang ketar-ketir lantaran memengaruhi cash flow atau arus keuangan secara signifikan. Apalagi, THR yang diberikan dari kantor umumnya baru turun jelang Lebaran.

Untuk menghindari hal ini, kamu wajib menyiapkan strategi keuangan jitu agar dompet atau tabungan yang dimiliki tidak jebol. 

Berikut adalah beberapa tips memenuhi kebutuhan untuk persiapan Ramadhan dan lebaran agar kondisi cash flow tetap sehat selama Ramadhan.

Baca juga: Berikut 4 Langkah Cerdas yang Dapat Dilakukan Pengusaha untuk Hadapi Tantangan pada 2023

1. Buat rencana keuangan

Perencanaan yang tepat bisa membantu keuangan kamu tetap aman selama Ramadhan. Jika bingung harus mulai dari mana, kamu bisa menyusun daftar kebutuhan selama Ramadhan sesuai urgensi, misalnya kebutuhan santap sahur dan buka puasa didahulukan daripada belanja pakaian.

Pastikan kamu menggunakan pendapatan dan tabungan secara bijak dan sesuai perencanaan yang telah dibuat agar kondisi keuangan tetap sehat.

2. Utamakan kebutuhan

Saat Ramadhan, sejumlah toko biasanya akan memberikan berbagai penawaran diskon. Kehadiran promo tersebut memang menggiurkan, tapi belum tentu menguntungkan.

Sebisa mungkin, manfaatkan diskon tersebut untuk memenuhi kebutuhan utama.

3. Seleksi acara bukber

Acara bukber selalu jadi salah satu kegiatan paling menyenangkan selama Ramadhan. Pasalnya, kegiatan tersebut juga menjadi wadah bagi keluarga serta sahabat untuk saling berkumpul dan menjaga tali silaturahmi.

Namun, hal yang patut disadari adalah tidak semua acara bukber harus kamu hadiri. Pilihlah kegiatan tersebut secara bijak, seperti menghadiri acara bukber yang berpotensi menambah relasi atau jejaring profesional sebagai “investasi” di masa depan.

4. Manfaatkan GoPayLater Cicil di Tokopedia

Belanja produk atau barang dengan program cicilan dapat menjadi salah satu cara agar cash flow atau arus keuangan kamu saat Ramadhan tetap aman. Dengan mencicil, kamu jadi tak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar saat membeli sebuah produk.

Adapun untuk membantu mewujudkan kebutuhan Ramadhan dan persiapan lebaran menjadi lebih ringan saat THR belum turun, kamu bisa menggunakan GoPayLater Cicil yang menawarkan promo cicilan 0 persen dengan tenor tiga bulan.

Untuk diketahui, promo 0 persen GoPayLater Cicil bisa dinikmati mulai Jumat (3/4/2023) hingga Jumat (10/4/2023) dan hanya berlaku di official store Tokopedia dengan minimum pembelanjaan Rp 500.000.

Tak hanya itu, kehadiran promo tersebut juga diharapkan dapat menjadi alternatif solusi pembayaran yang mudah bagi pengguna karena dapat mengubah tagihan menjadi cicilan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Baca juga: GoTo Financial Raih Dua Penghargaan di Ajang The Asian Banker: Excellence and Strongest Banks in Asia Awards 2022

Fintech and Payment Business Head Tokopedia Vira Widiyasari mengatakan, GoPayLater Cicil hadir untuk membantu mengatasi peningkatan transaksi pada Ramadhan, khususnya pada beberapa kategori, seperti makanan dan minuman, fesyen, perawatan diri dan kecantikan, serta gadget dan alat elektronik.

“Dengan penawaran khusus GoPayLater Cicil di Tokopedia, pengguna terpilih tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan mendadak saat Ramadhan, tetapi juga dapat mendapatkan akses terhadap produk dan layanan keuangan digital terpercaya yang dapat memudahkan kesehariannya,” ujar Vira dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (28/3/2023).

Terkait masa pembayaran, GoPayLater Cicil memiliki tenor pembayaran fleksibel, mulai dari 1, 3, 6, sampai 12 bulan.

Skema cicilan yang ditawarkan pun transparan karena kamu bisa mengetahui jumlah tagihan tanpa dikenakan biaya tersembunyi (hidden fee).

Tak hanya itu, kamu juga dapat menggunakan fasilitas pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Soal keamanan, tak perlu khawatir karena GoPayLater Cicil by PT Atome Finance Indonesia telah teregistrasi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk informasi lebih lengkap mengenai GoPayLater Cicil, silakan kunjungi tautan berikut ini.

Baca tentang

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com