Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

INACA Sayangkan RI Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Padahal Banyak Manfaat Ekonomi

Kompas.com - 30/03/2023, 16:31 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 disayangkan oleh Asosiasi Maskapai Penerbangan Nasional (INACA).

Sekretaris Jenderal INACA Bayu Sutanto mengatakan, seharusnya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia dapat memberikan dampak positif ke perekonomian nasional.

Pasalnya, seperti diketahui, perhelatan olahraga internasional itu berpotensi mendatangkan banyak turis asing ke Indonesia.

"Ya tentu menyayangkan karena adanya World Cup U-20 akan banyak manfaat ekonomi dan juga hiburan," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (30/3/2023).

Baca juga: Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Indonesia Kehilangan Potensi Ekonomi Rp 188 Triliun

Kendati demikian dia mengungkapkan, meski Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, bisnis sektor penerbangan tidak terdampak besar.

Bahkan kata dia untuk penerbangan dalam negeri, disebut tidak terpengaruh dari pembatalan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Untuk penerbangan luar negeri pun tidak terkena imbas yang signifikan. "Umumnya kalau ada event sport internasional, masing-masing negara atletnya denga pesawat maskapsinya sendiri atau charter. Ada yang naik pesawat komersial tapi enggak banyak," jelasnya.

Baca juga: Potensi Peningkatan Okupansi hingga 40 Persen, PHRI Sayangkan Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

 


Sebagai informasi, Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA resmi membatalkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia pada Rabu (29/3/2023).

Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 setelah Presiden FIFA Gianni Infantino bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah," tulis FIFA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com