Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Menaker Ida Menyadari Perbaikan Tata Kelola Industri Smelter Perlu Dilakukan

Kompas.com - 30/03/2023, 19:37 WIB


KOMPAS.com – Menteri Ketengakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyadari bahwa perbaikan tata kelola industri smelter perlu untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar kehadirannya mampu memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Setiap perusahaan smelter harus menjadi contoh dalam penerapan norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta hubungan industrial yang harmonis untuk menjamin kelangsungan usaha dan ketenangan bekerja,” jelas Menaker Ida.

Hal tersebut dikatakan Menaker Ida usai menghadiri acara sosialisasi perlindungan ketenagakerjaan dalam mendukung tata kelola industri smelter di wilayah Kabupaten Morowali dan Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (30/3/2023).

Menaker Ida mengatakan, diperlukan langkah perbaikan dan antisipasi untuk menghindari terjadinya pelanggaran norma ketenagakerjaan dan K3 pada industri smelter.

Baca juga: Jusuf Kalla Bangun Smelter di Luwu, Siap Tampung 4.000 Tenaga Kerja

“Langkah tersebut dimulai dengan cara dan penetapan industri smelter sebagai industri yang memiliki potensi bahaya tinggi. Dengan demikian wajib menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) secara terstruktur,” katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Adapun langkah berikutnya, lanjut dia, dengan mendorong industri smelter agar mau mengembangkan program kepatuhan ketenagakerjaan secara mandiri serta mengembangkan forum dialog sosial untuk menyelesaikan permasalahan hubungan industrial.

“Setiap industri smelter harus memiliki program yang terstruktur dalam penerapan norma ketenagakerjaan di perusahaan,” tuturnya.

Baca juga: Tim Kemenaker Lakukan Investigasi K3 Depo Plumpang Mulai Besok

Adapun terkait tujuan diadakannya kegiatan sosialisasi tersebut adalah sebagai tindak lanjut kebijakan pemerintah dalam melakukan reformasi industri smelter.

Menaker Ida mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah, khususnya dalam menciptakan perluasan kesempatan kerja.

“Saya meminta sosialisasi ini dapat direplikasi ke daerah-daerah lain sebagai bentuk kontribusi ketenagakerjaan bagi perbaikan pengelolaan industri smelter yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN),” ujar Menaker Ida.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+