Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polteknaker Buka Penerimaan Mahasiswa Baru dan Sediakan Beasiswa Penuh

Kompas.com - 01/04/2023, 19:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) akan membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun anggaran 2023/2024 pada 3 April.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi menjelaskan, penerimaan mahasiswa baru Polteknaker akan dilaksanakan melalui 2 jalur yakni Seleksi Berdasarkan Prestasi (SBP) dan Seleksi Berdasarkan Tes (SBT).

Nantinya, calon mahasiswa yang lulus melalui jalur SBT akan mendapat beasiswa penuh dengan kuota sebanyak 30 persen untuk masing-masing program studi (Prodi).

Baca juga: Harga Emas Antam Turun Rp 6.000 Per Gram, Cek Rinciannya

"Penyelenggaraan SBP bertujuan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru dan sebagai bentuk penghargaan kepada putera/puteri berprestasi dalam bidang akademik dan/atau non-akademik, yaitu karya ilmiah/inovasi/teknologi, olah raga, dan seni," ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (1/4/2023).

Sedangkan jalur SBT akan dimulai pada 1 Mei sampai dengan 28 Juni. SBT merupakan seleksi yang dibuka untuk masyarakat umum yang memenuhi persyaratan administrasi dan kualifikasi akademik berdasarkan tes yang diselenggarakan.

"Peserta yang lolos melalui jalur SBT akan menempati kuota 70 persen dari total daya tampung yang tersedia untuk setiap program studi," kata Anwar.

Baca juga: Laba Bersih Barito Pacific Anjlok, Ini Penyebabnya

Saat ini, Polteknaker memiliki 3 Prodi yaitu Diploma IV Relasi Industri (RI), Diploma IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dan Diploma III Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM).

"Ketiga Program Studi hadir sebagai solusi kebutuhan dunia kerja akan SDM yang kompeten dan profesional di bidang ketenagakerjaan," kata dia.

Informasi selengkapnya terkait PMB Polteknaker tahun anggaran 2023/2024 bisa langsung telusuri laman polteknaker.ac.id, media sosial Polteknaker, serta hotline WA pada nomor 0811-1742-451.

Baca juga: Piala Dunia U-20 di RI Batal, Bagaimana Nasib Anggaran Rp 500 Miliar?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com