Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Skystar Capital
Pemodal Ventura

Skystar Capital adalah pemodal ventura yang berfokus pada pendanaan awal untuk membantu akselerasi bisnis rintisan teknologi. Skystar Capital hadir sebagai solusi bagi para pendiri untuk memberikan bantuan modal, saran, dan kemitraan strategis untuk meningkatkan skala bisnis.

Skystar Capital didukung oleh berbagai grup perusahaan terkemuka di berbagai bidang seperti media, telekomunikasi, layanan keuangan, layanan kesehatan, sektor pendidikan, dan lain-lain. Kami memberikan akses melalui jaringan profesional untuk pengembangan bisnis perusahaan rintisan.

Ingin lebih kenal dengan kami? Bisa follow kami di Instagram (@skystar.vc) atau Linkedin Skystar Capital. Juga kunjungi situs kami www.skystarcapital.com atau kalau ingin berbincang dengan kami, kirimkan surel ke contact@skystarcapital.com 

Wajib Paham Tren Venture Capital pada 2023 Ini!

Kompas.com - 03/04/2023, 12:51 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Gabriella Thohir*

BEBERAPA dari kalian mungkin bertanya-tanya dari mana suatu perusahaan startup mendapatkan dana? Salah satunya adalah pemodal ventura (venture capital) yang berasal dari investor besar hingga lembaga perbankan. Dalam pendanaannya, venture capital hanya mendanai startup yang mereka yakini memiliki potensi besar di masa depan.

Itu sebabnya, tidak semua startup dianggap memenuhi kriteria kelayakan yang ditetapkan venture capital. Setelah memenuhi kriteria, startup akan dievaluasi kinerjanya. Venture capital juga turut memberikan saran hingga membantu mencari SDM untuk perkembangan bisnis startup. Hal ini membuktikan bahwa pemodal ventura memiliki peran besar dalam mendukung serta menciptakan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan startup.

Menurunnya Pendanaan Venture Capital

Sebelumnya, nilai pendanaan startup skala global terus mengalami peningkatan dari kuartal ke kuartal pada 2021, yaitu sebesar 33,38 persen dari Q1 (133,3 miliar dollar AS) ke Q4 (177,8 miliar USD). Namun, menjelang 2023, pendanaan venture capital diperkirakan akan menurun, terlebih di kawasan Asia Tenggara.

Pasalnya, venture capital di dunia kian mengurangi pendanaannya pada Q1–Q3 2022. Menurut data CB Insights, total pendanaan ventura yang terealisasi pada kuartal ini hanya sebesar 74,5 miliar dollar AS. Artinya, lebih rendah 34 persen jika dibandingkan dengan dua kuartal sebelumnya, yaitu 108,5 miliar USD pada Q2 dan 143,9 miliar dollar AS pada Q1. Penurunan ini membuat Q3/2022 mencapai level terendah pendanaan venture capital dalam sembilan kuartal terakhir.

Mengutip Tech Collective SEA, penurunan pendanaan venture capital pada 2023 disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, pandemi dan inflasi yang memengaruhi ekonomi global karena membatasi aktivitas perekonomian negara. Apalagi, Amerika Serikat masih dilanda inflasi hingga mencapai 6,6 persen secara tahunan. Hal inilah yang menyebabkan The Fed kembali menaikkan suku bunga acuannya sebesar 75 basis points (bps) pada November 2022.

Kedua, adalah terjadinya ketegangan geopolitik di Asia dan Eropa. Hal ini menyebabkan terganggunya rantai distribusi kebutuhan sehari-hari, misalnya pangan (mis: gandum) yang berpengaruh pada iklim perdagangan global. Hal ini pula membuat investor enggan berinvestasi sebab stabilitas perekonomian yang fluktuatif akan memengaruhi hasil investasi.

Ketiga, yaitu perubahan iklim yang membuat berbagai negara berusaha mengurangi emisi karbon dan mendukung bisnis ramah lingkungan. Di sisi lain, beberapa startup kripto dan blockchain besar juga sedang dikritik karena jaringan ini menghasilkan 65,4 megaton karbon dioksida setiap tahunnya.

Akibat Menurunnya Pendanaan Venture Capital

Menurunnya pendanaan ini membuat venture capital akan memiliki ekspektasi yang lebih tinggi dan selektif dalam memberi pendanaan pada startup. Maka dari itu, startup harus mempunyai fundamental atau model bisnis yang kuat agar diminati venture capital. Sebab, jika tidak, startup rentan terdampak dari kondisi ekonomi yang sedang kurang baik.

Perusahaan startup juga harus memiliki inovasi dan target bisnis yang jelas. Pasalnya, tujuan venture capital berinvestasi yakni memberi ruang untuk startup yang memiliki potensi tumbuh dan mampu berkontribusi bagi masyarakat. Meski tidak harus segera mengantongi keuntungan, tentunya penting untuk memiliki jalan menuju profitabilitas tersebut. Bahkan, biasanya venture capital mengharapkan pengembalian sebesar 25–35 persen per tahunnya selama masa investasi.

Tak hanya itu, agar startup tetap mendapatkan pendanaan, mereka harus didirikan oleh orang-orang dengan rekam jejak yang mempunyai kredibilitas tinggi. Hal ini bisa dilihat dari keberhasilan proyek-proyek yang telah dilakukan sebelumnya.

Tren Bisnis yang Harus Diwaspadai pada 2023

Sebaik apa pun tindakan preventif yang telah dipersiapkan, kondisi pasar masih memegang peranan penting pada suatu bisnis. Meski begitu, pengetahuan seputar prediksi tren yang akan diminati tetap diperlukan. Melansir Forbes, berikut adalah tiga tren bisnis yang perlu menjadi perhatian oleh perusahaan pada 2023.

Pertama, yaitu memaksimalkan penggunaan teknologi untuk menekan biaya produksi dan efisiensi proses transaksi. Hal ini disebabkan, setiap tahunnya, perekonomian global mengalami inflasi sehingga bisnis harus lebih efisien dalam pendanaan. Kini, ada beberapa perusahaan yang telah menerapkan sistem automasi (digital) sehingga dapat menggantikan pekerjaan manusia yang sifatnya operasional. Misalnya, dengan adanya sistem akuntansi digital, jumlah akuntan pun dikurangi.

Kedua adalah memaksimalkan bisnis yang ramah lingkungan. Hal ini disebabkan meningkatnya kesadaran manusia akan krisis iklim. Nantinya, investor dan konsumen akan mempertimbangkan dampak ekologis saat memilih apa yang akan dibeli dan dengan siapa mereka berbisnis, terutama bagi investor tahap lanjut yang fokus pada prinsip bisnis Environmental, Social and Governance (ESG).

Ketiga, yaitu memperhatikan kapasitas mental dan kompetensi sumber daya manusia. Pasalnya, jumlah karyawan yang cenderung menurun karena pengaruh inflasi tak diimbangi dengan pengurangan beban kerja. Mereka pun akhirnya kembali mempertanyakan prioritas hidup dan kariernya sehingga banyak yang mengalami quiet quitting. Di samping itu, jika perusahaan menemukan talenta yang kompeten dan berbakat, mereka harus memiliki strategi untuk membuat talenta tersebut bertahan.

Meskipun kita memasuki era baru yang penuh dengan ketidakpastian, teknologi tetap berperan penting pada kesuksesan pasca-krisis. Menilik ke belakang, startup teknologi seperti Microsoft (1975) muncul setelah Krisis Minyak (1973), Facebook (2004) setelah Dot Com Crash (2000), Sea-Gojek-Tokopedia (2009) setelah Krisis Keuangan Global (2007). Itu sebabnya, kami tetap optimis bahwa startup yang memiliki nilai dan memberikan manfaat tetap layak untuk didukung.

Ingin tahu lebih lanjut perihal VC dan bagaimana memulai dan mengembangkan startup? Skystar Capital, perusahaan modal ventura, menyediakan waktu untuk berdiskusi, brainstorm, network, atau pitch, di setiap Jumat ke-4 di setiap bulannya. Mari terhubung dengan Skystar Capital yang siap menemani langkah perjalanan startup Anda!

(*Penulis: Gabriella Thohir - Associate Skystar Capital | Skystar Capital - Venture Capital - membantu akselerasi bisnis rintisan yang berfokus pada pendanaan awal)

Ingin mengembangkan startup Anda? Mari terhubung dengan Skystar Capital di akun resmi Instagram dan Linkedin kami!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

BCA Finance Buka Lowongan Kerja untuk D3-S1 Semua Jurusan, Cek Syaratnya

BCA Finance Buka Lowongan Kerja untuk D3-S1 Semua Jurusan, Cek Syaratnya

Work Smart
Pemerintah Sebut Tarif Listrik Seharusnya Naik pada April hingga Juni 2024

Pemerintah Sebut Tarif Listrik Seharusnya Naik pada April hingga Juni 2024

Whats New
Jasa Marga: 109.445 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Selama Libur Panjang Paskah 2024

Jasa Marga: 109.445 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Selama Libur Panjang Paskah 2024

Whats New
Survei Prudential: 68 Persen Warga RI Pertimbangkan Proteksi dari Risiko Kesehatan

Survei Prudential: 68 Persen Warga RI Pertimbangkan Proteksi dari Risiko Kesehatan

Earn Smart
7 Contoh Kebijakan Fiskal di Indonesia, dari Subsidi hingga Pajak

7 Contoh Kebijakan Fiskal di Indonesia, dari Subsidi hingga Pajak

Whats New
'Regulatory Sandbox' Jadi Ruang untuk Perkembangan Industri Kripto

"Regulatory Sandbox" Jadi Ruang untuk Perkembangan Industri Kripto

Whats New
IHSG Melemah 0,83 Persen dalam Sepekan, Kapitalisasi Pasar Susut

IHSG Melemah 0,83 Persen dalam Sepekan, Kapitalisasi Pasar Susut

Whats New
Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di Seluruh ATM BRI

Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di Seluruh ATM BRI

Whats New
Genjot Layanan Kesehatan, Grup Siloam Tingkatkan Digitalisasi

Genjot Layanan Kesehatan, Grup Siloam Tingkatkan Digitalisasi

Whats New
Pelita Air Siapkan 273.000 Kursi Selama Periode Angkutan Lebaran 2024

Pelita Air Siapkan 273.000 Kursi Selama Periode Angkutan Lebaran 2024

Whats New
Puji Gebrakan Mentan Amran, Perpadi: Penambahan Alokasi Pupuk Prestasi Luar Biasa

Puji Gebrakan Mentan Amran, Perpadi: Penambahan Alokasi Pupuk Prestasi Luar Biasa

Whats New
Pengertian Kebijakan Fiskal, Instrumen, Fungsi, Tujuan, dan Contohnya

Pengertian Kebijakan Fiskal, Instrumen, Fungsi, Tujuan, dan Contohnya

Whats New
Ekspor CPO Naik 14,63 Persen pada Januari 2024, Tertinggi ke Uni Eropa

Ekspor CPO Naik 14,63 Persen pada Januari 2024, Tertinggi ke Uni Eropa

Whats New
Tebar Sukacita di Bulan Ramadhan, Sido Muncul Beri Santunan untuk 1.000 Anak Yatim di Jakarta

Tebar Sukacita di Bulan Ramadhan, Sido Muncul Beri Santunan untuk 1.000 Anak Yatim di Jakarta

BrandzView
Chandra Asri Bukukan Pendapatan Bersih 2,15 Miliar Dollar AS pada 2023

Chandra Asri Bukukan Pendapatan Bersih 2,15 Miliar Dollar AS pada 2023

Whats New
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com