Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Gunakan Listrik Selama Ramadhan dari PLN

Kompas.com - 03/04/2023, 21:20 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama menjalani ibadah puasa Ramadhan, penting untuk kamu memperhatikan keamanan penggunaan listrik mencegah korsleting dan kebakaran.

Menurut PLN, selama Ramadhan terjadi perubahan pola pemakaian listrik di dua waktu, yakni sekitar jam 17.30 - 20.30 karena adanya aktivitas persiapan dan berbuka puasa, serta sholat tarawih.

Serta pada sekitar jam 03.30 - 04.30 ada sedikit kenaikan pemakaian listrik karena aktivitas persiapan dan makan sahur yang dilakukan masyarakat.

Mengutip keterangan resmi PLN, Senin (3/4/2023), masyarakat pun diminta untuk tetap berhati-hati saat menggunakan listrik di waktu-waktu tersebut. Terutama setelah sahur, terkadang karena masih mengantuk jadi lupa mengecek kondisi listrik yang digunakan.

Baca juga: 5 Tips Atur Keuangan di Bulan Ramadan

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan, PLN memberikan tips penggunaan listrik selama menjalani ibadah puasa Ramadhan, di antaranya;

  • Segera cabut stop kontak alat elektronik apabila sudah tidak kamu digunakan.
  • Pastikan alat elektronik serta jaringan dalam instalasi rumah seperti kabel dan fitting lampu memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang bisa didapatkan dari hasil inspeksi oleh Lembaga Inspeksi Teknik terdaftar.
  • Gunakan listrik sesuai daya yang terpasang, tidak mengambil atau menyambung listrik dari tiang untuk menambah daya listrik di rumah.
  • Lantaran, hal itu sangat berbahaya karena dapat menyebabkan tersengat, beban listrik di sekitar rumah menjadi overload, sampai dengan kebakaran karena daya listrik yang masuk tidak terukur dan tidak sesuai dengan kapasitas kabel di rumah.
  • Khusus untuk kamu yang merupakan pelanggan pasca bayar, dianjurkan buat bayar tagihan listrik di awal bulan atau sebelum tanggal 20 agar lebih nyaman.
  • Sementara bagi kmu pelanggan prabayar, diimbau untuk mengisi token listrik secukupnya, dan siapkan cadangan bila diperlukan agar bisa dipakai sewaktu-waktu terutama saat token habis di waktu sahur.
  • Apabila daya listrik di rumah sudah tidak mencukupi, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk tambah daya secara resmi ke PLN.

Baca juga: 5 Tips Cuan Trading Saham, Bisa untuk THR Lebaran

Jika berminat tambah daya, ada tawaran diskon dari PLN dengan hanya bayar Rp 150.000 bagi pelanggan rumah ibadah. Sedangkan untuk pelanggan rumah tangga, cukup bayar Rp 202.300 untuk tambah daya mulai.

Kamu bisa menikmati tawaran potongan harga tersebut melalui pengajuan penambahan daya listrik melalui aplikasi PLN Mobile.

Baca juga: Tips Ajarkan Anak Mengelola THR Lebaran dengan Bijak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com