Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot Project Konversi Sepeda Motor BBG Libatkan Mitra Ojol

Kompas.com - 06/04/2023, 21:41 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilot project program konversi sepeda motor dengan bahan bakar gas (BBG) atau Motor Gas (Mogas) melibatkan mitra ojek online (ojol).

Dalam acara sosialisasi konversi motor BBG tersebut, PT Gagas Energi Indonesia, anak usaha PGN, mengundang 42 mitra ojol, untuk merasakan langsung keuntungan menggunakan motor konversi BBG PGN tersebut.

Direktur Utama Gagas Muhammad Hardiansyah berharap, mitra ojek online dapat menjadi contoh pengguna dalam menyebarkan informasi secara word of mouth mengenai konversi motor dari BBM ke BBG.

Dengan sistem dual fuel, mogas dilengkapi perangkat seperti converter kit dan switch pada stang motor untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan penggunaan bahan bakar gas bumi.

Baca juga: Disubsidi Pemerintah Rp 7 Juta, Sekian Biaya Konversi ke Motor Listrik

"Mogas ini, lebih fleksibel karena tidak perlu membeli kendaraan baru dan tetap dapat menggunakan BBM. Selain itu, tidak mengurangi kapasitas BBM, karena mogas hanya menambah tabung untuk BBG sehingga bisa menambah jarak tempuh yang tentunya dibarengi dengan efisiensi biaya," ujar Hardiansyah melalui keterangannya, Kamis (6/4/2023).

“Penggunaan mogas dapat menghemat biaya dua kali lipat dikarenakan harganya 4.500 rupiah per Liter Setara Pertalite (LSP) dan stabil kinerjanya dimanapun pengisiannya,” lanjutnya.

Baca juga: Bagaimana Nasib Mesin Motor Lama Usai Dilakukan Konversi ke Listrik?

Keamanan tabung gas

Untuk tabung gas di motor ini berbahan stainless steel pipe dengan ketahanan 20 tahun, per tabung berkapasitas 1,25 liter gas.

“BBG rendah emisi membuat mesin bersih dan tidak berbau menyengat. Tips aman berkendara dengan dual fuel, jika terdengar suara mendesis dan tercium bau gas, segera matikan mesin dan hubungi call center di nomor 135,” jelas Hardiansyah.

Rencananya, PGN akan melakukan pilot project motor BBG di DKI Jakarta dan Semarang. Selama masa pilot project pengguna motor BBG yang sudah melakukan konversi dapat melakukan pengisian gas secara gratis di empat lokasi pengisian BBG di Jakarta yaitu di SPBG PGN Kantor Pusat, SPBG Klender, SPBG Pondok Ungu, dan MRU Grogol.

Di luar empat lokasi tersebut, pengguna tetap dapat melakukan pengisian BBG seperti biasa di 16 titik pengisian yang tersebar di Jabodetabek dengan harga Rp 4.500 per liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com