Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukses Berbisnis, Shandy Purnamasari Sebut Womenpreneur Harus Tangguh dan Lembut

Kompas.com - 13/04/2023, 15:27 WIB
Nada Zeitalini Arani,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengawali bisnis di lini kecantikan, nama Shandy Purnamasari kian dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu perempuan sukses Tanah Air. Terlebih, lewat jenama skincare besutannya, MS Glow, ia kerap menggandeng selebritas kenamaan Tanah Air untuk ikut berpromosi.

Shandy mengaku, keluarga memiliki andil terhadap tekad berbisnis dirinya. Perempuan kelahiran Surabaya, 10 Oktober 1991 tersebut berasal dari keluarga pedagang. Ia pun terbiasa berdagang sejak duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA) dan kuliah.

Kesibukan berdagang dilakoninya hingga ia bertemu dengan Gilang Widya Pramana--yang kini merupakan suaminya. Sayangnya, saat menikah, Gilang meminta Shandy untuk tidak lagi bekerja di luar rumah.

Kala itu, tekad berbisnis Shandy tidak padam. Meski menuruti keinginan suaminya, ia mulai coba-coba menjalankan bisnis dari rumah.

“Jadi, salah satu yang memotivasi saya berbisnis (kala itu) adalah bagaimana caranya (tetap) punya penghasilan walaupun suami saya tidak ingin saya bekerja di luar rumah,” cerita Shandy kepada Kompas.com, Sabtu (1/4/2023).

Tak ingin menjalani ala kadarnya, Shandy fokus pada pengembangan bisnis online. Siapa mengira, bisnis online kecil-kecilan dari rumah itulah yang membawa MS Glow besar hingga kini.

Tetap punya tantangan

Sejak awal berbisnis, Shandy mengaku tak pernah terlepas dari tantangan. Dalam pandangannya, tantangan akan selalu ada bagi pebisnis yang ingin usahanya berkembang.

Kali ini, tantangan datang seiring perkembangan zaman dan digital. Untuk menyiasatinya, ia membekali skill para karyawan agar mampu berjalan beriringan dengan perkembangan zaman. Skill ini dinilainya tak hanya baik bagi usahanya ke depan, tetapi juga bekal bagi karyawannya secara personal agar dapat bertumbuh.

“Bagaimanapun, mereka adalah orang-orang yang turut membesarkan usaha saya. Jadi, kami memberikan training agar mereka bisa bertumbuh,” tuturnya.

Baca juga: Dijuluki Crazy Rich Malang, Ini Profil Juragan 99 dan Shandy Purnamasari

Tak hanya itu, tantangan lain yang perlu diantisipasi oleh Shandy adalah kehadiran berbagai produk kecantikan dari jenama lain. Untuk yang satu ini, ia siasati dengan terus berinovasi agar brand dan produknya tetap selalu dilihat konsumen.

Shandy mengaku, bisnis yang telah ia tekuni lebih kurang 12 tahun itu terus berproses. Pola yang ia pakai, mulai dari membuat plan, menjalankan program, evaluasi, hingga melakukan peningkatan melalui inovasi.

Shandy Purnamasari pemilik bisnis kecantikan MS GLOWKompas.com/ Nada Zeitalini Arani Shandy Purnamasari pemilik bisnis kecantikan MS GLOW

Dukung womenpreneur

Dengan menjalani seluruh proses itu, Shandy buka-bukaan soal target bisnis. Ia tak ingin sekadar mendapatkan untung, tetapi juga memberikan dampak terhadap lingkungan sosial.

"Saya ingin selalu dapat memberdayakan banyak perempuan dalam berbisnis agar mereka dapat mandiri secara finansial, membantu perekonomian keluarga, serta nasional," akunya.

Misi itu yang selanjutnya Shandy bawa dalam menggerakkan bisnisnya. Hal lain yang juga menjadi komitmennya adalah membuka kesempatan kerja bagi para difabel di setiap lini bisnis yang kini dijalani bersama suaminya itu.

“Di setiap cabang, pasti ada satu (karyawan difabel) yang kami pekerjakan,” ucap Shandy.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com