Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Ketersediaan Bapok Jelang Lebaran Aman, Mentan SYL: Hampir Semua Daerah Surplus Beras dan Minyak

Kompas.com - 19/04/2023, 11:00 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) memastikan semua ketersediaan bahan pangan pokok (bapok) aman menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah (H).

Bahan pokok yang dimaksud adalah beras, gula, minyak goreng, telur ayam, daging sapi, bawang merah, cabai merah, dan sejumlah komoditas lain yang diproduksi petani setiap hari.

Oleh karena itu, SYL menegaskan, tidak ada kekurangan apalagi kelangkaan bapok. Bahkan, kata dia, beras dan minyak tersedia sehingga produksi awal dipastikan berjalan baik.

“Kelihatannya hampir semua daerah mengalami surplus. Karena itu, kami dekatkan untuk bisa saling melakukan komunikasi antara kelompok dan tentu pemerintah daerah harus hadir," kata SYL melalui keterangan persnya, Rabu (19/4/2023).

Dia mengatakan itu usai menggelar pertemuan dengan penyuluh pertanian di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (18/4/2023).

Baca juga: Redam Lonjakan Harga Jelang Lebaran, Kementan Gelar Gebyar Pasar Tani di Aceh

SYL menambahkan, kepastian atas ketersediaan bapok diperoleh dari jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) yang turun langsung ke pasar-pasar maupun gudang-gudang pangan di seluruh Indonesia.

"Urusan Kementan adalah ketersediaan. Dari hasil pantauan kami di lapangan stoknya ada. Insya Allah Lebaran tahun ini kondisinya aman," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (19/4/2023).

Sebelumnya jajaran Kementan memantau ketersediaan bapok di pasar dan gudang-gudang pangan seluruh Indonesia.

Di Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek), ketersediaan di Pasar Rakyat Tamansari, Pasar Leuwiliang, Pasar Cileungsi, Pasar Anyar Bekasi, Pasar Kranji, Pasar Tangerang Kota, Pasar Depok, dan pasar-pasar di Jakarta lain dalam kondisi aman.

SYL juga memantau ketersediaan bapok di semua sentra pangan Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kalimantan.

Baca juga: Stabilkan Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran, Kementan Gelar Pasar Mitra Tani di Pekanbaru

SYL mengaku ingin masyarakat tenang dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan gembira karena kebutuhan bapok mereka terpenuhi.

"Sekali lagi kita sudah memantau di semua daerah terkait ketersediaan yang ada dan hasilnya aman," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com