Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Siapkan Tim Teknis Siaga, IndiHome Jamin Layanan Tetap Optimal Sepanjang Libur Lebaran

Kompas.com - 20/04/2023, 20:43 WIB
Dwi Nur Hayati ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - IndiHome bagian dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menjamin layanannya akan tetap optimal sepanjang libur Idul Fitri 2023, pada Rabu (19/4/2023) hingga Selasa (25/4/2023).

Realisasi jaminan optimalisasi layanan tersebut harus dipenuhi karena jaringan internet sudah merupakan kebutuhan dan infrastruktur vital publik, layaknya listrik, bahan bakar, dan pangan yang harus dijamin ketersediaan dan reliabilitasnya.

Vice President (VP) Marketing Management Telkom E Kurniawan mengatakan, pihaknya sudah sejak jauh hari menyiapkan semua kebutuhan teknis agar semua layanan IndiHome nihil gangguan sepanjang libur Lebaran 2023.

“Masyarakat juga tidak perlu khawatir walaupun sampai terjadi gangguan koneksi internet, tim kami siaga penuh untuk memperbaiki gangguan sesegera mungkin,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (20/4/2023).

Kurniawan menyatakan, IndiHome sama sekali tidak mengendorkan operasionalnya selama periode libur panjang sepekan mendatang, apalagi kali ini bertepatan dengan Lebaran.

Baca juga: Antisipasi Kepadatan Kendaraan, Ini Rekayasa Lalin di Tempat Wisata Jakarta Saat Libur Lebaran

Saat momentum Lebaran, kata dia, jaringan internet dan layanan channel konten hiburan over the top IndiHome akan menemani waktu masyarakat ketika berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman.

“Kami juga tentunya akan meningkatkan konsentrasi layanan pada kawasan-kawasan ramai pemudik,” kata Kurniawan.

Seperti diketahui, akan ada perubahan tren mobilisasi berkumpulnya masyarakat dari perkotaan ke daerah di setiap momen Lebaran.

Untuk menjamin kelancaran layanannya, Telkom Group sendiri telah berkomitmen dengan pemerintah, khususnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk menyiapkan kapasitas layanan telekomunikasi dan internet sebesar lebih dari 400.000 Gigabit per second (Gbps).

Baca juga: Lokasi dan Jadwal Operasi Bengkel dan Posko Siaga Mudik Peugeot

Selain kapasitas internet, Telkom Group juga akan menyiagakan 196 posko yang didukung oleh 14.000 teknisi andal IndiHome. Hal ini disampaikan melalui data publik Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemenkominfo Ismail.

“Selain mengoperasikan ratusan posko yang tersebar di seluruh kawasan Indonesia, layanan konsumen digital channel kami juga tetap beroperasi penuh. Hal ini agar masyarakat bisa merayakan hari raya Idul Fitri dan berkumpul bersama sanak saudara di kampung halaman dengan nyaman,” kata Kurniawan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com