Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SPBU Batasi Pembelian Pertalite karena Kuota Terbatas

Kompas.com - 03/05/2023, 07:50 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) membenarkan adanya SPBU yang membatasi pembelian Pertalite selama masa Libur Lebaran 2023.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengungkapkan, pihaknya saat ini memang masih menanti rampungnya Revisi Peraturan Presiden (Perpres) 191/2014 yang mengatur tentang pembatasan volume pembelian Pertalite.

Meski demikian, BPH Migas memperbolehkan Pertamina untuk mengatur pembelian Pertalite sesuai kuota masing-masing daerah operasi.

Baca juga: Harga BBM per 1 Mei 2023 di SPBU Pertamina, BP AKR, dan Shell

"Masing-masing daerah punya kuota masing-masing jadi kami meminta kepada daerah untuk mengamankan kuota tersebut jadi kami mempersilahkan bagaimana mereka mengatur supaya kuotanya cukup," kata Erika dalam Konferensi Pers, Selasa (2/5/2023).

Menurutnya, setiap daerah memiliki ketentuan masing-masing, misalnya ada yang membatasi volume pembelian maksimum sebesar Rp 150.000, ada yang Rp 400.000.

"Kalau daerah merasa itu perlu untuk menjaga kuota cukup sampai akhir tahun, itu dipersilahkan," jelas Erika.

Baca juga: Daftar Harga BBM di SPBU Seluruh Indonesia Berlaku Mei 2023


Sementara itu, SVP Retail Fuel Sales Pertamina Patra Niaga Pramono menjelaskan, pembatasan bisa saja dilakukan sebagai strategi untuk mengurai antrean kendaraan di SPBU.

"(Jika) kondisi sudah cukup padat sehingga di lokasi tertentu ada pembatasan," jelas Pramono dalam kesempatan yang sama.

Meski demikian, Pramono menegaskan kebijakan ini berbeda dengan program subsidi tepat yang kini tengah digalakkan Pertamina khusus untuk Jenis BBM Tertentu (JBT) Solar atau solar subsidi. (Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo)

Baca juga: Kapal Pengangkut Pertalite Terbakar, Pertamina Pastikan Pasokan BBM di Lombok-Bali Aman

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Ada SPBU Berlakukan Pembatasan Pembelian Pertalite, Ini Penjelasan BPH Migas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com