Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Pendaftaran CPNS Dibuka 5 Juni 2023? Kemenpan-RB: Diumumkan Usai Rampung Validasi

Kompas.com - 12/05/2023, 09:00 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Ramai beredar video di media sosial TikTok yang menyebutkan soal pendaftaran CPNS 2023. Dalam video itu disebutkan, pendaftaran CPNS 2023 akan dimulai pada 5 Juni 2023.

Video tersebut diunggah oleh akun @lowongan_kerj4_terbaru.

"Info Terbaru Pendaftaran CPNS 2023. Siap Jadi Calon CPNS 2023?" tulis akun tersebut dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Jumat (31/3/2023).

Selain jadwal pendaftaran CPNS 2023 yang dimulai pada 5 Juni 2023, unggahan tersebut juga memperlihatkan rincian jadwal seleksi CPNS 2023 hingga pengumuman hasil seleksi.

Benarkah unggahan tersebut? Berikut penjelasan dari Kemenpan-RB.

Baca juga: Siap-siap, Rekrutmen CPNS dan PPPK Bakal Segera Diumumkan

Kepada Kompas.com, Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Mohammad Averrouce menjelaskan tahapan sebelum pengumuman pembukaan CPNS 2023.

Ia membeberkan saat ini tahapan pendaftaran CPNS 2023 masih dalam proses validasi usulan formasi. Baik usulan formasi dari kementerian, lembaga, pemerintah pusat dan daerah. Validasi tersebut akan rampung pada Mei 2023.

"Informasi terkait pembukaan (CPNS dan CPPPK) akan disampaikan kemudian setelah validasi dan penetapan kebutuhan," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (11/5/2023).

Baca juga: Menpan-RB Pastikan Rekrutmen CPNS dan PPPK 2023 Bakal Dibuka

Dia menambahkan, saat ini usulan kebutuhan jumlah dan jenis jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2023 telah diajukan oleh instansi pemerintah pusat dan daerah melalui aplikasi e-Formasi.

"Saat ini masih dalam tahapan proses validasi usulan kebutuhan dari kementerian/lembaga/pemda. Kami maksimalkan validasinya di bulan Mei ini," lanjut Averrouce.

Baca juga: Update Rekrutmen CPNS dan PPPK 2023: Instansi Diminta Mendata Kebutuhan Formasi

Imbau masyarakat cek situs resmi

Terkait aneka keterangan di media sosial, ia mengimbau agar masyarakat terus memantau langsung rekrutmen CPNS dan CPPPK melalui situs, media sosial, dan kanal komunikasi resmi milik Kemenpan-RB.

Juga, ke kanal komunikasi resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan masing-masing kementerian/lembaga/pemda.

(Penulis Ade Miranti Karunia | Editor Yoga Sukmana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com