Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarinah Pamerkan Produk Buatan UMKM Lokal ke Para Ibu Negara ASEAN

Kompas.com - 12/05/2023, 12:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) asli Indonesia memanfaatkan momentum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN dengan memamerkan produk buatannya kepada para ibu negara ASEAN.

Kesempatan itu didapatkan seiring dengan PT Sarinah membawa para UMKM tersebut mengikuti showcase UMKM untuk Spouse Program KTT ASEAN di Puncak Waringin, Labuan Bajo pada Rabu (10/5/2023).

Spouse Program merupakan acara yang dihadiri oleh para istri dari kepala negara di ASEAN yang membahas isu-isu penting di luar agenda utama pertemuan.

"Sarinah terus berusaha untuk memberikan panggung kepada UMKM dan brand lokal Indonesia dengan cara memperkenalkan, mempromosikan produk-produknya ke kancah internasional melalui KTT ASEAN," ujar Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati dalam keterangannya, Jumat (12/5/2023).

Baca juga: Puncak Kepulangan Delegasi KTT ASEAN, Menhub Pastikan Kesiapan Pengaturan Penerbangan di Bandara Komodo

Ia menuturkan, para UMKM yang ikut dalam KTT ASEAN tersebut melalui tahap kurasi produk yang dilakukan Sarinah bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Nusa Tenggara Timur (Dekranasda NTT).

Setelah produk UMKM Dekranasda NTT terkurasi, sebagian produk tersebut dibuat koleksi khusus wastra atau kain tradisional Indonesia untuk showcase UMKM KTT ASEAN Indonesia 2023.

Produk-produk UMKM yang terkurasi itu juga dipamerkan Sarinah di Bandara Internasional Komodo.

Adapun dari kurasi tersebut, terpilih beberapa UMKM yang berkesempatan untuk dapat memamerkan produknya, yakni diantaranya ada karya dari Edward Hutabarat, Gloya (Cawang Art), Herviolet, Levico serta koleksi wastra tenun dari Dekranasda NTT.

Karya-karya dari UMKM tersebut memperlihatkan kekayaan khazanah budaya timur diantaranya dari Kupang, Dokka, Sumba, Manggarai dan Ende.

Baca juga: 53 Awak Kapal Patroli KPLP Bantu Amankan Gelaran KTT ASEAN di Labuan Bajo


Dalam Spouse Program tersebut, Ibu Negara Indonesia, Iriana Joko Widodo mengajak lima pendamping pemimpin ASEAN untuk melihat produk-produk UMKM yang kaya akan keanekaragaman budaya timur Indonesia.

Rencananya, Puncak Waringin akan dijadikan sebagai creative hub bagi para pelaku ekonomi kreatif di NTT.

Fetty menuturkan, melalui kegiatan ini, Sarinah berharap dapat terus membantu mempromosikan produk-produk lokal Indonesia ke tingkat yang lebih luas, serta mendukung pembangunan ekonomi dan keberlanjutan pengembangan UMKM di Indonesia.

"Dengan peran penting yang dimainkan oleh Sarinah dalam acara ini, diharapkan dapat memperkuat citra Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya dan produk-produk unggulan lokal yang berkualitas,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com