Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekrutmen Bersama BUMN 2023 Dibuka, Erick Thohir: Ada 2.000 Posisi Tersedia

Kompas.com - 12/05/2023, 13:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekrutmen Bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 2023 sudah dibuka. Ada lebih dari 2.000 posisi di 120 perusahaan pelat merah yang tersedia pada program rekrutmen tahun ini.

Lowongan pekerjaan yang tersedia menjangkau lintas entitas yakni BUMN, anak perusahaan BUMN, dan cucu perusahaan BUMN). Lalu jenjang pendidikan semakin beragam mulai dari SMA/SMK/sederajat hingga S2, serta status pekerjaan baik organik/PKWTT maupun kontrak/PKWT.

“Dengan melibatkan seluruh BUMN group, kita dapat membuka kesempatan bekerja bagi lebih dari 2.000 putra-putri Indonesia pada lebih dari 120 perusahaan di bawah BUMN group”, ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangannya dikutip Jumat (12/5/2023).

Ia menjelaskan, selain memperluas lingkup kepesertaan, peningkatan berkelanjutan (continuous improvement) atas kualitas program Rekrutmen Bersama BUMN juga terus dilakukan.

Baca juga: Rekrutmen BUMN Sudah Dibuka, Ini Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA dan SMK

Antara lain peningkatan kehandalan sistem, evaluasi proses bisnis/tahapan rekrutmen, informasi yang lebih detail dan clear sehingga yang memudahkan peserta, serta aspek transparansi dan akuntabilitas yang semakin baik.

Sebagai contoh, setelah mengikuti setiap tahapan tes, peserta dapat melihat nilai tes yang bersangkutan secara real time.

Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Alexandra Askandar menambahkan, pihaknya siap mengawal seluruh proses rekrutmen BUMN secara profesionalisme dan transparansi. Termasuk dalam mengantisipasi kecurangan.

Ia menyatakan, Kementerian BUMN dan FHCI tidak akan segan untuk menindaklanjuti segala bentuk praktik kecurangan yang dilakukan peserta maupun pihak lainnya.

Baca juga: Simak, Ini Nilai Ambang Batas Rekrutmen BUMN 2023

Apabila peserta terbukti melakukan pelanggaran atau praktek kecurangan, maka dapat dipastikan peserta tersebut gugur. Perserta tersebut juga tidak dapat mengikuti rekrutmen pada BUMN group dan akan masuk daftar blacklist untuk ke depannya.

"Kami berkomitmen untuk menjaga dan mengawal seluruh proses rekrutmen yang akan dijalankan dengan profesionalisme, transparansi, dan tetap menjunjung core values AKHLAK," ujar dia.

Adapun dalam rekrutmen ini, para peserta dapat mengeksplorasi pilihan lowongan yang tersedia di berbagai bidang industri dan mengikuti seluruh rangkaian rekrutmen BUMN tanpa dipungut biaya.

Baca juga: Pendaftaran Rekrutmen BUMN 2023 Dibuka, Klik https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/

Oleh karena itu, FHCI menghimbau kepada para peserta agar selalu waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan Kementerian BUMN, FHCI dan BUMN group.

Apabila peserta menemukan kendala selama proses seleksi, dapat menghubungi helpdesk Rekrutmen Bersama BUMN 2023 pada email rekrutbersama@fhcibumn.id, Telegram BumnFHCI_bot, atau WhatsApp pada nomor 08118954320.

Bagi masyarakatn yang tertarik untuk mengikuti Rekrutmen Bersama BUMN 2023, maka bisa melakukan pendaftaran secara online melalui laman https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

Baca juga: Bersiap Rekrutmen BUMN 2023, Ini Dokumen yang Harus Disiapkan


Berikut cara daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2023:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com