Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT Pangansari Ekspor 1,5 Juta Bumbu dan Makanan Siap Saji, Nilai Kerja Sama Rp 26 Miliar

Kompas.com - 12/05/2023, 13:30 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pangansari Utama, perusahaan yang bergerak pada industri makanan melakukan ekspor 1,5 juta produk bumbu instan dan makanan cepat saji ke Arab Saudi.

"Sebanyak 1,5 juta pouch atau setara dengan 311 ton akan dikirim melalui jalur laut dan udara secara bertahap mulai dari hari ini hingga akhir bulan," kata Direktur Utama Pangansari Group Maghfur Lasah di kantor PT Pangansari Utama, Ciracas, Jawa Timur, Jumat (12/5/2023).

Lasah mengatakan, ekspor ini juga bertujuan memudahkan penyediaan makanan selama puncak musim haji, salah satunya menggunakan bumbu instan dan makanan berkonsep siap saji (Ready-to-Eat).

“Penggunaan bumbu instan ini dapat meningkatkan efisiensi proses memasak di dapur hingga 30 persen sambil tetap menjaga kualitas dan cita rasa makanan khas Indonesia,” ujarnya.

Baca juga: Akui Ada yang Protes, Menko Airlangga Sebut Aturan Devisa Hasil Ekspor Segera Terbit

Lasah juga mengatakan, ekspor makanan tersebut merupakan bentuk kerja sama dengan perusahaan Arab Saudi Motawifs Pilgrims for South-East Asia Countries Company (Mashariq) dan dapur-dapur di Mekkah untuk memenuhi kebutuhan konsumsi jemaah haji Indonesia.

“Produk-produk juga sudah bersertifikasi halal dan diproduksi dengan kualitas rasa dan kelezatan makanan tradisional Indonesia,” tuturnya.

Baca juga: Kementan Gerak Cepat Tangani Flu Babi Afrika Imbas Larangan Ekspor ke Singapura


Lebih lanjut, Lasah mengatakan, nilai kerja sama dalam proyek ekspor tersebut sebesar 6,5 juta Riyal Saudi atau sekitar Rp 26 miliar.

"Proses ini terjalin berkat dukungan dari sejumlah kementerian di Indonesia," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com