Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Bandara Embarkasi Haji 2023 dan 2 Maskapai yang Melayani

Kompas.com - 12/05/2023, 20:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan 13 bandara yang akan digunakan untuk embarkasi penerbangan haji tahun ini dan 6 bandara embarkasi haji antara.

Kepala Sub Direktorat Angkutan Udara Niaga Tidak Berjadwal dan Bukan Niaga Direktorat Angkutan Udara Kemenhub Abdul Haris mengatakan, penerbangan haji ke Tanah Suci nantinya akan dilayani oleh dua maskapai, yaitu Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines.

Pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, akan ada 537 kloter yang terdiri dari 203.320 jemaah haji dan 2.656 petugas. Nantinya 537 kloter tersebut, masing-masing akan diberangkatkan oleh Garuda Indonesia sebanyak 287 kloter dan Saudi Arabian Airlines sebanyak 250 kloter.

"Calon Jemaah Haji akan diberangkatkan oleh maskapai PT Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines, dengan menggunakan pesawat jenis Boeing 777-300, Boeing 747-400, dan Airbus 330-300," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (12/5/2023).

Baca juga: Layanannya Sempat Error, BSI Catat Ada 8.072 Calon Jemaah Belum Lunasi Biaya Haji

Dia melanjutkan, dalam hal pemeriksaan kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan yang berubah nama menjadi Balai Besar Karantina Kesehatan (BBKS), pemeriksaan barang bagasi oleh Bea dan Cukai, dan pemeriksaan dokumen jemaah haji oleh Imigrasi akan dilaksanakan di Asrama Haji dan Asrama Haji Antara.

Khusus bagi sebagian jemaah haji dari Jawa Barat, pemeriksaan kesehatan dan bagasi dilakukan di Asrama Haji Indramayu, namun pemeriksaan dokumen jemaah haji dilaksanakan di Bandara Kertajati, mengingat keterbatasan fasilitas asrama haji yang belum memadai.

Untuk memastikan penerbangan embarkasi haji tahun ini berjalan lancar, Ditjen Hubud Kemenhub telah melakukan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Angkutan Udara Haji Tahun 1444H/2023M bersama dengan kementerian atau lembaga dan stakeholder penerbangan terkait.

Rapat ini bertujuan untuk membahas teknis pemberangkatan dan kepulangan jamaah haji sehingga penyelenggaraan haji dapat berjalan tertib, aman, dan lancar.

Dia mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pengawasan dengan menugaskan para Inspektur dari Direktorat teknis dan Kantor Otoritas Bandar Udara selama masa Kegiatan Angkutan Udara Haji Tahun 1444 H/2023 M pada masa persiapan, pemberangkatan, dan pemulangan.

"Para Inspektur akan bertugas melakukan pengawasan pada Angkutan Udara Haji agar semua proses penyelenggaraan berjalan sesuai ketentuan yang berlaku," tuturnya.

Baca juga: Biaya Pelunasan Haji Reguler Diperpanjang hingga 12 Mei

Berikut rincian 13 Bandara yang akan melayani penerbangan embarkasi haji tahun ini:

1. Bandara Sultan Iskandar Muda (BTJ/Banda Aceh).

2. Bandara Kualanamu (KNO/Medan).

3. Bandara Minangkabau (PDG/Padang).

4. Bandara Hang Nadim (BTH/Batam).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com