Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Peluang Pasar Baru, Sucofindo Buka Layanan Uji Minerba di Kutai Timur

Kompas.com - 13/05/2023, 15:45 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - BUMN inspeksi bagian dari Holding BUMN IDSurvey PT Sucofindo meresmikan laboratorium Unit Pelayanan (UP) Sangkulirang di Kabupaten Kutai Timur, untuk memperkuat dan mempercepat layanan inspeksi dan pengujian mineral dan batu bara (minerba) di wilayah ini.

Direktur Komersial Sucofindo Darwin Abas mengatakan, peresmian ini sejalan dengan induk Sucofindo, yakni IDSurvey, untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam hilirisasi produk pertambangan.

"Serta mendukung tata kelola pertambangan yang berkelanjutan (sustainable mining practices)," kata Abas melalui keterangannya, Sabtu (13/5/2023).

Baca juga: Gandeng Perguruan Tinggi, IDSurvey Dorong Pengembangan Industri Migas

Menurut Abas, lokas UP Sangkulirang berdekatan dengan wilayah pertambangan yang mayoritas jadi pelanggan Sucofindo di area jetty PT GAM.

"Tapi tidak menutup kemungkinan untuk Laboratorium UP Sangkulirang dapat melayani potensi pelanggan lainnya di area pertambangan dan industri pertambangan lain di wilayah Sangkulirang, atau secara luas wilayah Kalimantan Timur dengan pelayanan kami yang lebih cepat dan efisien,” lanjut Darwin.

Selain melayani layanan inspeksi dan pengujian minerba, UP Sangkulirang juga mampu melayani jasa pengujian dan analisis lingkungan. Hal ini dilakukan sebagai upaya Sucofindo menjaring pelanggan baru.

"Selain itu, laboratorium kami juga menyediakan peralatan terkini yang mampu meningkatkan kecepatan dan akurasi hasil pengujian mineral batubara,” pungkas Darwin.

Baca juga: Incar 715 Miliar Dollar AS dari Hilirisasi Minerba, Migas, dan Kelautan, Jokowi Minta Dukungan OJK

Strategi Sucofindo 2023

Sebelumnya, sepanjang 2022, Sucofindo membukukan pendapatan sebesar Rp 2,9 triliun, naik 8,6 persen year on year, serta laba bersih Rp 351,5 miliar, tumbuh 65,1 persen year on year pada 2022.

Sementara pada 2023, Sucofindo menyiapkan strategi layanan berbasis teknologi dan layanan berkelanjutan, untuk menghadapi tantangan 2023. Yakni, strategi berbasis teknologi dan layanan berkelanjutan sejalan dengan sasaran Sucoindo menuju Digital TIC (Testing, Inspection, and Certification) Company.

Selain itu, selain menggarap peluang digital, perkembangan bisnis dengan skema keberlanjutan mampu menjadi peluang bagi PT Sucofindo dan IDSurvey, khususnya dalam mengembangkan jasa berbasis sosial dan lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com