Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

58 PSN Senilai Rp 420 Triliun Ditargetkan Rampung pada 2024

Kompas.com - 14/05/2023, 11:02 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) menargetkan dapat menyelesaikan 58 proyek strategis nasional (PSN) senilai Rp 420 triliun pada 2024.

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian sekaligus Ketua Tim KPPIP Wahyu Utomo mengatakan, target itu selaras dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta seluruh PSN diselesaikan.

"Tentunya, pemerintah akan terus mengupayakan dengan arahan bapak presiden tidak ada lagi proyek yang mangkarak di 2024," kata dia dalam acara Jalan Santai Sewindu PSN, di Jakarta, Minggu (14/5/2023).

Baca juga: Akses Menuju Bandara Belum Mumpuni, Bandara Kertajati Jadi PSN yang Belum Sukses

Untuk merealisasikan target tersebut, Wahyu meminta dukungan dari seluruh pihak terkait, seperti Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) yang merupakan satuan kerja dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) guna membantu pendanaan pengadaan lahan.

"Permasalahan utama dalam pembangunan infrastruktur adalah pengadaan tanah," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan, momentum tahun politik tidak akan mengganggu penyelesaian PSN. Apalagi, sejumlah proyek telah mendapatkan jaminan perolehan pendanaan atau financial close.

"PSN yang beberapa PSN yang lewat 2024 financial closingnya sudah selesai. Jadi kalau financial closing sudah selesai dia akan tetap lanjut," tuturnya.

Baca juga: Sewindu PSN, Menko Airlangga Sebut Pembebasan Lahan Kerap Jadi Masalah


Sebagai informasi, KPPIP merupakan komite yang dibentuk pemerintah dengan salah satu fungsi sebagai point of contact dalam implementasi koordinasi untuk debottlenecking PSN dan proyek prioritas.

Sejak 2016 hingga 2022, KPPIP telah merampungkan 156 PSN dengan nilai investasi mencapai sekitar Rp 1.080 triliun.

Baca juga: Kemenaker Minta Perusahaan PSN Terapkan Norma K3

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com