Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lowongan Kerja Pertamina Hulu Energi, "Fresh Graduate" Boleh Mendaftar

Kompas.com - 14/05/2023, 12:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha dari PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Hulu Energi (PHE) membuka 11 lowongan pekerjaan untuk lulusam D3. Berdasarkan laman resmi rekrutmenbersama.fhcibumn, perekrutan dibuka untuk penempatan di area Sumatera dan Jawa.

Lowongan pekerjaan di Pertamina Hulu Energi mensyaratkan IPK minimum 3.00, dengan batasan usia maksimal 27 tahun saat melamar. Para pelamar yang lolos seleksi akan dipekerjakan untuk pegawai tetap.

1. Jr Staff Laboratory

Pada posisi ini, pelamar diharuskan merupakan tamatan dari universitas jurusan Teknik Kimia, Teknik Perminyakan dan Gas, Teknik Perminyakan, dan Teknik Pertambangan dan Perminyakan dengan minimum IPK 3.00.

Pelamar diharuskan memiliki pengalaman 2-3 tahun, dan bagi yang lolos seleksi nantiny akan ditempatkan di Kota Jambi, Rantau-Kab Aceh Tamiang, Pangkalan Susu - Kab Langkat, dan Lirik - Kab. Indragiri Hulu.

Baca juga: Lowongan Kerja BRI di Rekrutmen Bersama BUMN 2023, Ini Persyaratannya


Adapun deskripsi pekerjaan untuk posisi ini antara lain, melakukan pengukuran dan perhitungan properties minyak dan gas di bawah pengawasan atasan untuk memastikan ketersediaan informasi yang digunakan secara akurat dan sesuai kaidah Quantity Accounting System (QAS). Selain itu, menganalisa fluida reservoir, fluida pemboran, dan semen sebagai dasar pertimbangan pengelolaan lapangan, kegiatan workover dan operasi pemboran.

Sementara untuk kompetensi teknis yang dibutuhkan mencakup:

  • Laboratorium Tool & Analysis
  • Fluid Properties
  • Reservoir Management
  • Well Stimulation
  • Produced Water Management
  • Production Chemical Technology
  • Natural gas/ Physical Properties
  • Cemeting Lythology

2. Technician Instrument, Mechanical, dan Matering

Pada posisi Technician Instrument, pelamar harus merupakan tamatan Diploma III dari jurusan Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Mesin dan Teknik Mekatronika dengan minimum IPK 3.00. Pelamar yang lolos akan ditempatkan di Jambi Merang - Kab Musi Banyuasin.

Pelamar kerja merupakan fresh graduate atau memiliki pengalaman 2-3 tahun, dan mampu menyelesaikan problem-problem yang dihadapi unit kerja dengan pendekatan team work. Pekerja juga harus familiar dengan Diesel & Gas Engine Trouble shooting, Root Cause Analysis, serta Electro Motor Troubleshooting.

Baca juga: Rekrutmen Bersama BUMN, Bank Mandiri Buka Banyak Lowongan Kerja, Cek Syaratnya

Adapun deskripsi pekerjaan untuk posisi ini antara lain, mengeksekusi program pemeliharaan preventive maintenance terhadap peralatan-peralatan Instrument untuk mencapai reliability dan availability di fasilitas produksi. Kemudian, melakukan penggantian equipment untuk memastikan kehandalan dan ketersediaan peralatan-peralatan Instrument di fasilitas produksi.

Selain itu, melakukan pencatatan data maintenance (data Asset, maintenance schedule, running hours, history equipment, material program) setiap peralatan-peralatan Instrument, sebagai bahan masukan evaluasi.

3. Technician Technical Services

Pada posisi ini, pelamar harus merupakan tamatan Diploma III dari jurusan Teknik Mekatronika, atau Teknik Mesin dengan IPK minimum 3.00. Pelamar yang lolos akan ditempatkan di Kab. Ogan Komering Ulu dan Muara Enim

Adapun deskripsi pekerjaan yakni mengeksekusi kegiatan maintenance work preparation di field OKRT yang meliputi penyiapan kebutuhan material, tenaga kerja, peralatan kerja, jadwal & program pelaksanaan konstruksi penunjang operasi untuk memastikan tersedianya kebutuhan maintenance preparation static equipment & pipeline sesuai dengan rencana, program dan strategi yang ditetapkan.

Baca juga: Rekrutmen Bersama BUMN 2023, Ini Daftar Lowongan Kerja untuk S1 Semua Jurusan

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com