Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Toko Es Krim Bareng Ibunya, Lulusan Harvard Ini Raup Rp 3,4 Miliar Setahun

Kompas.com - 16/05/2023, 13:40 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Seorang lulusan dari Universitas Harvard, Annie Park membuka toko es krim di Bethesda Maryland pada tahun 2019. Usaha yang ia jalani bersama ibunya kini menghasilkan keuntungan sebesar Rp 3,4 miliar atau 230.000 dollar AS (kurs Rp 14.805 per dollar AS).

"Sejujurnya di awal-awal saya tidak terlalu bersemangat dengan memulai bisnis toko es krim," kata wanita kelahiran Seoul Korea Selatan, mengutip CNBC.

Park yangmerupakan lulusan Harvard dengan gelar Master, memutuskan untuk membantu ibunya yang membuka toko es krim. Es krim yang dibuat oleh ibunda Park merupakan hobi, dan ia sering bereksperimen dengan rasa terbaru.

Baca juga: Penghasilan Pasangan yang Lebih Tinggi dalam Pernikahan Bisa Menimbulkan Masalah?

"Menjadi anak perempuan satu-satunya dalam keluarga tunggal, membuat saya berkewajiban membantu ibu saya," lanjut dia.

Park mengatakan, es krim produksinya berbeda dengan kebanyakan produk komersial yang mengandalkan pewarna. Produk es krim miliknya menggunakan bahan alami seperti buah stroberi.

Setelah berbulan-bulan melakukan persiapan, Park memulai usahanya dengan nama Sarah's Handmade Ice Cream di bulan Maret 2019. Tidak terduga, usaha tersebut banyak didatangi pelanggan.

"Itu adalah sesuatu yang tidak pernah kami duga," lanjut dia.

Park membuka gerai es krim hingga pukul 9 malam. Ia bahkan hanya memiliki sedikit waktu untuk merayakan pembukaan gerainya tersebut, karena harus bangun jam 3 pagi untuk membuat es krim.

Berdiri setahun, Park membuka cabangnya di Washington DC, dan berencana membuka kios baru di Potomac, Maryland pada Desember 2023 ini.

Alih-alih membantu selama beberapa bulan, Park menjadi mitra penuh dalam bisnis yang kini memiliki 35 karyawan itu. Adapun pendapatan tahunan Park sebesar 1,86 juta dollar AS atau Rp 27,5 miliar.

Adapun pendapatan Park, atau gaji yang ia terima adalah sebesar 230.000 dollar AS per tahun, plus 118.625 dollar AS sebagai bagian dari kemitraan dengan ibunya. Keuntungan dari dua toko yang dimiliki adalah senilai 111.677 dollar AS.

Sarah merupakan imigran dara Korea Selatan yang mulai beremigrasi ke AS bersama ibunya pada tahun 2000 saat Park berusia 9 tahun. Pindah ke Maryland memberikan prospek pekerjaan yang lebih baik bagi Park, dan menghindari stigma buruk di Korea Selatan, sebagai ibu tunggal yang bekerja.

Park juga membuat program kepemimpinan untuk karyawan yang sebagian besar masih duduk di bangku SMA. Program ini mendorong pertumbuhan karir untuk semua tingkat keterampilan dan loyalitas.

"Kami tidak mempekerjakan pengawas shift dari luar. Sebaliknya, kebijakannya adalah mempromosikan dari dalam jajaran stafnya," kata dia.

Dalam beberapa bulan setelah pembukaan toko pertama, Park menyadari bahwa ekspansi bisnisnya tidak harus dibatasi hanya pada "toko ibu dan anak" saja.

Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com