Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PHE Catatkan Laba Bersih 4,67 Miliar Dollar AS pada 2022

Kompas.com - 16/05/2023, 14:06 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) telah melaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2022. PHE mencatatkan pertumbuhan produksi migas sebesar 7 persen berbanding tahun lalu serta laba bersih sebesar 4,67 miliar dollar AS pada 2022.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, yang hadir langsung sebagai pemegang saham mayoritas PHE mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian tersebut karena tahun 2022 memiliki berbagai tantangan yang telah dikelola dengan baik.

“Meskipun banyak tantangan yang tidak mudah dilalui, PHE berhasil mencapai produksi hampir 1 Juta BOEPD atau sebesar 967 MBOEPD dari 65 blok Migas ditahun 2022. Kontribusi nasional PHE juga semakin signifikan atas lifting minyak sebesar 68 persen, dan lifting gas sebesar 33 persen,” kata Nicke dalam siaran pers, Selasa (16/5/2023).

Baca juga: Produksi Migas PHE Lampaui Target pada Februari 2023

Nicke mengatakan, per hari ini, produksi migas Pertamina telah melampaui 1 Juta BOEPD. Hal ini tidak lepas juga dari strategi Pertamina dalam membentuk konsep holding subholding sehingga PHE memiliki fleksibilitas yang cukup dalam menyusun strategi dan mengambil keputusan sesuai situasi ekosistem bisnis yang dinamis.

“Kinerja positif PHE diharapkan bisa berdampak pada peningkatan pemberdayaan masyarakat khususnya di sekitar Wilayah Kerja Perusahaan. Sehingga masyarakat sekitar bisa ikut merasakan langsung dampak positif kinerja perusahaan melalui program-program untuk masyarakat,” kata Nicke.

Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi, Wiko Migantoro menyatakan dengan realisasi investasi sebesar 3,2 miliar dollar AS, dan operational expenditure (opex) 5,9 miliar dollar AS dalam melaksanakan 689 sumur pengembangan, 638 workover, reaktivasi sumur dan waterflood, PHE menjadi kontributor penting dalam peran serta membangun ekonomi nasional kegiatan aktivitas hulu Migas.

Baca juga: Kementerian BUMN Targetkan IPO PHE Semester I-2023, Bernilai Jumbo?


Berbagai project besar onstream seperti SLO Rokan stage 1, Jambaran Tiung Biru, OPLL Mahakam. Sepanjang 2022 juga mendapatkan 106 BD FID senilai 3,5 miliar untuk mengelola cadangan sebesar 252 MMBOE.

Adapun capaian eksplorasi mencapai success ratio sebesar 65 persen dari 17 sumur eksplorasi dengan total temuan 2C sebesar 345 MMBOE. Penyelesaian 2D Vibroseis Jawa 1080 km pada komitmen kerja pasti wilayah terbuka juga merupakan bagian PHE untuk unlock new play guna mendukung target 1 Juta Barrel per Day.

Sebagai bagian dari upaya Go Global, PHE juga menambah participating interest pada wilayah kerja West Qurna di Irak.

Baca juga: PHE dan Mitra Menang Lelang Wilayah Kerja Bunga dan Peri Mahakam

Dengan dukungan PT Pertamina (Persero) selaku Holding dan dukungan Pemerintah, melalui kegiatan eksplorasi, pengembangan, asset integrity, PHE berperan signifikan dalam membangun kembali kapasitas industri hulu migas nasional.

Adapun dampak positif performa PHE kepada pendapatan negara tahun 2022 secara total sebesar 8,77 miliar yang terdiri dari pendapatan pajak pendapatan bukan pajak dan signature bonus.

“Dalam bidang ESG, PHE telah meletakkan fundamental yang kuat. PHE konsisten berkontribusi untuk pengembangan kemandirian energi dan ekonomi masyarakat melalui berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang tercermin pada penghargaan 28 beyond compliance PROPER, terdiri dari 7 PROPER Emas dan 21 PROPER Hijau,” kata Wiko.

Baca juga: Serius Terapkan ESG di Semua Lini Bisnisnya, PHE Raih 7 Proper Emas KLHK

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com