Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Inovasi Sosial dan SROI Jadi Parameter Penting Pencapaian PROPER Emas dari KLHK

Kompas.com - 16/05/2023, 14:48 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perolehan nilai inovasi sosial serta social return on investment (SROI) menjadi parameter pencapaian Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Emas untuk perusahaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

PROPER emas sendiri merupakan penghargaan level tertinggi untuk perusahaan dalam pengelolaan lingkungan dengan indikator penilaian terukur yang dikembangkan oleh KLHK.

Dosen Universitas Padjadjaran Dede Abdul Hasyir, menjelaskan bahwa laporan SROI merupakan pembuktian secara kuantitatif atas dampak atau manfaat dari program CSR unggulan yang telah diklaim memiliki muatan inovasi sosial.

Baca juga: PLN Group Borong 11 Penghargaan Inovasi Digital, Dirut Darmawan: Ini Berkat Transformasi PLN

Untuk mendukung pencapaian perusahaan mencapai PROPER Emas, PT Sucofindo kembali menggelar sesi talkshow Cerita Bersama Sucofindo (Carbon) dengan tajuk “Strategi Perolehan Nilai Maksimal Inovasi Sosial dan Social Return on Investment (SROI)”.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian perhelatan Environmental and Social Innovation Awards (ENSIA) 2023, yang sebelumnya telah sukses terlaksana pada September 2022.

"Carbon jadi komitmen Sucofindo mendorong perusahaan atau pelaku industri untuk konsisten menjaga lingkungan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Direktur Komersial Sucofindo Darwin Abas, melalui keterangannya, Selasa (16/5/2023).

Baca juga: Hasil RUPS Angkat Jobi Triananda Jadi Dirut Sucofindo, Gantikan Mas Wigrantoro Roes

Kepala Unit Kerja Sucofindo Cabang Semarang Wahyudi Arief mengatakan, di Semarang, pihaknya aktif mendukung upaya pengelolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat oleh pelaku usaha sejak 2017.

Yakni, melalui program pendampingan Public Disclosure Program for Environmental Compliance, yaitu berbicara mengenai penilaian kinerja pengelolaan lingkungan suatu perusahaan melalui berbagai indikator.

Sucofindo cabang Semarang juga melayani seluruh jasa turunan dari PROPER seperti GAP analysis, pendampingan dokumen hijau dan DRKPL, pemetaan sosial (social mapping), stakeholder engagement, indeks kepuasan masyarakat dan social license index, audit energi, audit air, verifikasi data dan SDGs, Social Return on Investment (SROI), pendampingan inovasi sosial, maupun benchmarking.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com