Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Biaya Kemitraan SPBU Shell dan Cara Jadi Mitra

Kompas.com - 16/05/2023, 18:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Shell Indonesia menawarkan skema kemitraan dalam bisnis SPBU. Lewat program kemitraan dealer Shell, maka para pengusaha bisa memiliki dan mengelola SPBU Shell.

Head of Dealer Network Shell Indonesia Agung Saputra mengatakan, program kemitraan ini sudah dibuka sejak 2016. Kini ada 30 SPBU Shell yang dimiliki pengusaha lokal dari total 209 SPBU Shell yang tersebar di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, dan Sumatra Utara.

"Kita buka kesempatan untuk kemitraan dengan pengusaha-pengusaha lokal yang ingin punya dan mengoperasikan SPBU Shell. Kita tidak hanya berfokus pada kota besar, tapi juga ke kota lapis kedua (kota-kota kecil)," ujarnya dalam acara Halal Bihalal Shell Indonesia di Jakarta, Selasa (16/5/2023).

Baca juga: Sunpride Bidik Kemitraan dengan Lebih dari 3.000 Petani Buah

Ia menuturkan, untuk menjadi mitra Shell, pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan dana buat biaya joining fee. Hanya saja, pelaku usaha perlu memiliki badan usaha dalam bentuk perseroan terbatas (PT).

Selain itu, setidaknya pelaku usaha memiliki plot tanah dengan luas minimal 1.000 meter persegi (m²) dan lebar minimal 25 meter (m). Pelaku usaha juga harus bersedia mengikuti dan mematuhi standar operasional yang tercantum di retail supply agreement (RSA) Shell.

Agung mengatakan, ada dua jenis kemitraan SPBU yang bisa dipilih pelaku usaha, yaitu SPBU Shell konvensional dan SPBU Shell modular. Adapun modal yang dibutuhkan untuk membuka SPBU Shell yakni minimal Rp 1,5 miliar.

Baca juga: Minat Bangun SPKLU? Ini Daftar Paket yang Ditawarkan PLN

Ia bilang, dari biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan SPBU tersebut, sebagiannya atau sekitar 30 persen-50 persen akan ditanggung oleh Shell. Sebab Shell akan berinvestasi dalam pengadaan peralatan utama (fuel system & electrical).

Sedangkan pelaku usaha hanya berkewajiban menyediakan tanah, bangunan, pengurusan izin-izin pembangunan, dan mengelola SPBU.

"Investasi Shell itu pun nanti akan jadi punya mitra setelah 10 tahun," imbuh Agung.

Kendati begitu, Shell tetap akan membantu dalam proses pemilihan, perencanaan dan bantuan teknis perizinan lokasi SPBU. Selain itu mendampingi pelatihan awal dan persiapan pembukaan SPBU, serta program pemasaran.

"Mitra menyediakan tanah, bangunan, dan izin. Tapi tidak ada biaya joining fee maupun monthly fee ke Shell. Jadi sistem kemitraannnya simpel," kata Agung.

Baca juga: Pemerintah Benahi Bisnis Model Perikanan, SPBU Nelayan Bakal Diperbanyak

 


Berikut rincian skema kemitraan SPBU Shell dan biayanya:

1. SPBU Shell Konvensional

Biaya investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan SPBU Shell konvensional di kota besar yakni sekitar Rp 3,5 miliar hingga Rp 5,5 miliar, tergantung luas area dan bangunan yang akan dikembangkan.

Adapun spesifikasi SPBU Shell konvensional terdiri dari:

- Luas area: 1.200-2.000 m2 dengan lebar depan 25 m

- Kapasitas volume SPBU: 10-20 kilo liter (KL) per hari

- Estimasi pengunjung: 400-600 kendaraan per hari

2. SPBU Shell Modular

Biaya investasi untuk pembangunan SPBU Shell Modular yang dikhususkan bagi kota lapis kedua ini berkisar Rp 1,5 miliar hingga Rp 2 miliar.

Adapun spesifikasi SPBU Shell Modular terdiri dari:

- Luas area: 1.000-1.200 m2 dengan lebar depan minimal 25 m

- Ukuran kontainer: 20 feet

- Kapasitas volume SPBU: 4-9 kilo liter (KL) per hari

- Estimasi pengunjung: 150-250 kendaraan per hari

- Standar keamanan: tersertifikasi internasional UL 2085 & UL142

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com