Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Tiket Konser Coldplay Dijual Rp 20 Juta, Tokopedia: Tak Sesuai Ketentuan

Kompas.com - 17/05/2023, 17:10 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiket konser Coldplay sempat dijual oknum dengan harga sampai Rp 20 juta di platform e-commerce Tokopedia.

Hal itu ditemukan pada hari pertama penjualan tiket prasale konser Coldplay, Rabu (17/5/2023). Namun begitu, tiket-tiket konser Coldplay yang dijual di Tokopedia langsung hilang dari platform tersebut selang beberapa jam.

Head of Corporate Affairs Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, pihaknya bakal menindak tegas segala bentuk penyalahgunaan platform Tokopedia oleh sejumlah oknum. Hal ini termasuk dalam penjualan tiket konser Coldplay.

Baca juga: War Tiket Konser Coldplay Pukul 10.00 WIB, Harga Mulai Rp 800.000

"Walaupun bersifat user-generated content (UGC) atau setiap penjual bisa mengunggah produk secara mandiri langkah proaktif terus kami lakukan untuk menjaga aktivitas dalam platform Tokopedia tetap sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Ekhel, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (17/5/2023).

Ia menambahkan, Tokopedia memiliki syarat dan ketentuan mengenai produk apa saja yang tidak boleh diperjualbelikan oleh penjual di situs atau aplikasi.

"Tokopedia melarang jual-beli tiket pertunjukan, termasuk namun tidak terbatas pada tiket konser, baik fisik maupun non fisik," imbuh dia.

Adapun, ketika terdapat penjual yang terbukti melakukan pelanggara, baik syarat dan ketentuan platform maupun hukum yang berlaku di Indonesia, Tokopedia akan melakukan tindakan.

Baca juga: Syarat Beli Tiket Presale Coldplay Pakai Kartu Debit dan Kredit BCA

Ekhel menjabarkan, penindakan yang akan dilakukan Tokopedia termasuk di dalamnya pemeriksaan, penundaanm, atau penurunan konten.

"Tokopedia juga bisa menonaktifkan (banned) toko atau akun serta tindakan lain sesuai prosedur," tegas dia.

Dalam hal ini, Tokopedia juga menyediakan fitur pelaporan penyalahgunaan. Dengan ini, pengguna dapat melaporkan produk yang menlanggar baik aturan penggunaan platform Tokopedia maupun hukum yang berlaku di Indonesia.

Sebelumnya, ramai di media sosial tiket konser Coldplay Jakarta yang dibanderol hingga Rp 20 juta di platform ecommerce Tokopedia.

Tak hanya itu, beberapa tiket untuk kelas lain juga dibanderol di harga yang jauh dari harga resminya.

Sebagai gambaran, tiket konser Coldplay di Jakarta dibanderol mulai harga Rp 800.000 sampai Rp 11 juta.

Namun begitu, beberapa saat kemudian, tiket Coldplay dengan kata kunci "tiket Coldplay" yang ada di Tokopedia tersebut tidak dapat ditemukan kembali.

Baca juga: War Tiket Coldplay via BCA Dibuka Hari Ini, Simak Cara Beli dan Jadwal Lengkapnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com